KTT G7

Presiden Jokowi Ajak PGII Kerja Sama Bangun Infrastruktur di Indonesia Lewat Investasi

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 21 Mei 2023 | 11:47 WIB
Presiden Joko Widodo (SinPo.id/ Kemlu)
Presiden Joko Widodo (SinPo.id/ Kemlu)

SinPo.id - Dalam side event Partnership for Global Infrastructure and Investment (PGII) G7 di Hiroshima, Jepang, Presiden Joko Widodo mengajak PGII untuk bekerja sama dalam mendukung pembangunan infrastruktur di Indonesia melalui investasi yang nyata guna mewujudkan pemerataan dan kesejahteraan.

“Dukungan PGII bagi pembangunan infrastruktur di Indonesia sangat penting lewat investasi yang konkret dan pembiayaan inovatif lainnya. Mari berkolaborasi demi pemerataan dan kesejahteraan rakyat,” kata Jokowi, dikutip Minggu 21 Mei 2023.

Pasalnya, pembangunan infrastruktur di Indonesia hanya terpusat di Pulau Jawa, satu dari 17 ribu pulau yang dimiliki oleh Indonesia. Sehingga mengakibatkan tidak meratanya sebaran jumlah penduduk dan kegiatan perekonomian di Tanah Air, karena 58 persen aktivitas ekonomi terpusat di Pulau Jawa.

Oleh karena itu, Presiden Jokowi menekankan bahwa saat ini Indonesia tengah melakukan pembangunan infrastruktur di luar Pulau Jawa seperti pelabuhan atau seaport hingga jalan tol sebagai upaya menekan ketimpangan yang terjadi. Salah satunya dengan pembangunan Ibu Kota Baru Nusantara (IKN).

“Termasuk di dalamnya adalah pembangunan IKN kota berbasis hutan dan alam yang 70 persen adalah area hijau dan 80 persen sumber energinya berasal dari renewable energy,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Presiden menjelaskan bahwa pendanaan pembangunan infrastruktur dasar di IKN berasal dari APBN, namun pemerintah akan membuka peluang pendanaan dari pihak swasta atau investor apabila internal rate of return (IRR) dari pembangunan tersebut dinilai baik.

“Ini adalah showcase transformasi Indonesia yang sangat terbuka untuk investasi dan kerja sama, baik sektor transportasi, kesehatan, teknologi, pendidikan, pariwisata,” katanya menambahkan.

 sinpo

Komentar: