Try Sutrisno Ingatkan Tugas Wapres Membantu Presiden

Laporan: Juven Martua Sitompul
Sabtu, 20 Mei 2023 | 20:54 WIB
Pertemuan Try Sutrisno dan Muhaimin Iskandar (Sinpo.id/Tim Media)
Pertemuan Try Sutrisno dan Muhaimin Iskandar (Sinpo.id/Tim Media)

SinPo.id -  Wakil Presiden (Wapres) ke-6  RI Try Sutrisno mengingatkan tugas seorang wapres adalah membantu presiden. Khususnya, dalam menyelesaikan program yang sudah ditetapkan.

"Di dalam Undang-Undang Dasar (UUD), singkat, wakil presiden adalah pembantu presiden," kata Try usai menerima kunjungan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) di Jakarta, Sabtu, 20 Mei 2023.

Try juga memberi hormat kepada pihak-pihak yang mencalonkan diri sebagai wapres. Ini disampaikan Try menanggapi isu Cak Imin berniat maju sebagai cawapres.

"Kita harus memberikan apresiasi kepada mereka yang berani mencalonkan sebagai presiden dan wakil presiden," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Try menceritakan tugasnya sebagai wapres saat mendampingi Presiden ke-2 RI Soeharto. Kala itu, Try diberikan tugas melakukan fungsi pengawasan.

"Tugasnya presiden memimpin pembangunan untuk semua bidang, sementara wapres yang membantu itu, diserahi pengawasan di dalam manajemennya," kata dia.

Try mengaku menggunakan dua tahun setengah masa jabatannya untuk meninjau pembangunan di daerah. Sedangkan, dua setengah tahun yang tersisa digunakan untuk mengontrol departemen (kementerian).

"Benar enggak bangsa saya dibangun? Apakah ada korupsi?" kata dia.

Sebelumnya, Cak Imin mengunjungi Try Sutrisno di kediamannya, di Jalan Purwakarta, Menteng, Jakarta, hari ini. Cak Imin tiba sekitar pukul 10.00 WIB didampingi sejumlah elit PKB, diantaranya Waketum PKB Jazilul Fawaid, Sekjen PKB Hasanuddin Wahid, Wasekjen PKB Syaiful Huda, dan Menteri Ketenagakerjaan periode 2014-2019 Muhammad Hanif Dhakiri.sinpo

Komentar: