Pengamat: Pertemuan Prabowo-Gibran Menegaskan Dukungan Moril Keluarga Jokowi

Laporan: Bayu Primanda
Sabtu, 20 Mei 2023 | 23:06 WIB
Prabowo didampingi Gibran menemui Relawan Gibran-Jokowi di Solo (Sinpo.id/Tim Media)
Prabowo didampingi Gibran menemui Relawan Gibran-Jokowi di Solo (Sinpo.id/Tim Media)

SinPo.id -  Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto didampingi Walikota Solo, Gibran Rakabuming bertemu dengan Relawan Jokowi-Gibran di Solo. Pertemuan tersebut berlangsung santai di Angkringan Omah Semar, Solo, Jumat, 19 Mei 2023.

Pengamat politik, Bawono Kumoro menilai bahwa pertemuan tersebut menegaskan kedekatan keluarga Presiden Joko Widodo dengan Prabowo.

"Pertemuan Prabowo dengan para anggota keluarga presiden tersebut seakan semakin menegaskan pesan dukungan moril dari keluarga besar Presiden terhadap Prabowo sebagai bakal calon presiden dala pemilihan presiden tahun 2024," kata Bawono kepada Sinpo.id, Sabtu, 20 Mei 2023.

Sebagai anak sulung Presiden Joko Widodo, kata Bawono, Gibran pasti sudah konsultasi dengan ayahnya sebelum pertemuan itu terjadi.

Bahkan, di berbagai kesempatan interaksi antara Prabowo dan para anggota keluarga Presiden Joko Widodo cukup sering terjadi.

"Hal ini bisa menggambarkan kedekatan emosional antara Prabowo dan keluarga besar Presiden Joko Widodo," kata dia.

Kedekatan Prabowo dengan Jokowi seiring mendekatnya Pemilu 2024, menurutnya, mencerminkan adanya perbedaan dukungan baik dari Jokowi maupun PDI Perjuangan terhadap capres di pemilu mendatang.

Pasalnya, PDIP mengusung Ganjar Pranowo sebagai capres 2024 mendatang sedangkan Prabowo maju sebagai capres dari Koalisi Gerindra-PKB.

"Karena itu bukan tidak mungkin preferensi politik Presiden Joko Widodo dalam hal bakal calon presiden mendatang tidak sama dengan pilihan politik dari PDI P," tukas dia.
sinpo

Komentar: