AHY Singgung Masalah Penegakan Hukum di Indonesia

Laporan: Bayu Primanda
Sabtu, 20 Mei 2023 | 18:45 WIB
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (Sinpo.id/Ashar)
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (Sinpo.id/Ashar)

SinPo.id -  Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyinggung masalah penegakan hukum di Indonesia.  Saat ini menurutnya mengalami kemerosotan. Ia bahkan menilai hukum saat ini tumpul ke atas dan tajam ke bawah.

AHY menyoroti banyaknya permasalahan yang menimpa kesejahteraan rakyat masa kini. Salah satu yang paling disorot yakni harga pangan yang semakin meroket, hingga pengangguran di mana-mana.

“Banyak yang merasakan praktik penegakan hukum yang seolah tajam ke bawah, tumpul ke atas, tajam ke lawan tumpul ke kawan,” kata AHY saat memberikan sambutan di acara Milad ke-21 PKS, Istora Senayan, Jakarta, Sabtu, 20 Mei 2023.

AHY selanjutnya juga mewanti-wanti dua hal yang sepatutnya tak terjadi di Indonesia. Pertama, mengamankan kawan politik dari proses hukum lantaran masuk kategori obstruction of justice atau upaya menghalangi penegakan hukum.

Kedua, pihak yang menggunakan instrumen hukum untuk menghabisi lawan politik dengan abuse of power alias penyalahgunaan kekuasan.

“We’re on the verge of a serious democratic regression,” kata dia.

AHY menilai demokrasi Indonesia semakin merosot dan sebentar lagi akan jatuh ke jurang. Ia mengatakan rakyat yang kritis justru dianggap melawan dan dibungkam.

“Kita yang kritis; PKS, NasDem, Demokrat, kalau kritis dibilang musuh negara. Bukankah negeri ini milik kita semuanya?,” tukas AHY.sinpo

Komentar: