Cak Imin: Airlangga Bergabung Tapi Bukan Cawapres

Laporan: Juven Martua Sitompul
Sabtu, 20 Mei 2023 | 19:29 WIB
Muhaimin Iskandar (Sinpo.id/Tim Media)
Muhaimin Iskandar (Sinpo.id/Tim Media)

SinPo.id -  Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto disebut ticak akan menjadi calon wakil presiden (wapres) untuk Ketua Umum Prabowo Subianto. Sekalipun Partai Golkar merapat ke Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

"Kan sudah dijawab oleh Faisol Riza (Kepala Bappilu Presiden perwakilan PKB) waktu itu. Apa jawabannya waktu itu? Pak Airlangga bergabung tapi tidak wapres," kata Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) usai bertemu Try Sutrisno di Jakarta, Sabtu, 20 Mei 2023.

Cak Imin belum bicara detail terkait kepastian bergabungnya Golkar. Dia menuturkan PKB dan Gerindra masih intens berkomunikasi dengan Golkar.

"Yang jelas saya tahu Golkar bicara sama Pak Prabowo, Golkar bicara sama saya untuk mulai bahu membahu bersatu tapi finalisasi nanti kita tunggu aja nanti statement dari Golkar," ujar Cak Imin.

Kendati begitu, Cak Imin menekankan PKB dan Gerindra tetap konsisten menjalankan kontrak politik yang sudah dibangun sejak awal "Jadi sejauh ini kita masih konsisten dengan rencana kita berdua sejak awal," ucapnya.

Di sisi lain, Cak Imin juga belum bisa membeberkan apakah nantinya KKIR akan mengusung dirinya sebagai cawapres di Pilpres 2024.

"Moga-moga, tunggu saja," ucapnya.

PKB dan Golkar terus melakukan komunikasi intens terkait wacana pembentukan Koalisi Besar. Poros ini nantinya bakal meleburkan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dengan KKIR.

Sebagai tindaklanjut wacana itu. Golkar dan PKB bahkan telah mengutus elitenya ke dalam tim kecil. Golkar menugaskan Nusron Wahid, sementara PKB mengutus Faisol Riza.sinpo

Komentar: