Presiden Tegaskan Tak Ada Intervensi Politik di Kasus Korupsi Johnny G Plate

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 19 Mei 2023 | 10:53 WIB
Menkominfo Johnny G Plate (Sinpo.id/Ashar)
Menkominfo Johnny G Plate (Sinpo.id/Ashar)

SinPo.id -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan tak ada intervensi politik dari pihak mana pun terhadap kasus dugaan korupsi yang menjerat Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkoinfo) Johnny G Plate. Penetapan tersangka Johnny murni penegakan hukum.

"Kejagung akan terbuka dan saya yakin akan bekerja profesional," kata Jokowi di kepada wartawan, Jakarta, Jumat, 19 Mei 2023.

Jokowi meminta semua pihak untuk menghormati proses hukum yang berlaku. Dia kembali menekankan Kejaksaan Agung (Kejagung) bakal profesional dalam menuntaskan kasus dugaan korupsi yang menjerat Sekjen Partai NasDem tersebut.

"Kita harus menghormati proses hukum yang ada. Yang jelas Kejagung pasti profesional dan terbuka semua terkait kasus itu," ujar Jokowi. 

Kejagung menetapkan Menteri dari NasDem Johnny sebagai tersangka kasus dugaan korupsi penyediaan infrastruktur BTS 4G, dan penyediaan infrastruktur pendukung 5 paket BAKTI Kominfo periode 2020-2022.

Sebelum ditetapkan menjadi tersangka dan ditahan, Plate sempat menjalani pemeriksaan sebagai saksi untuk ketiga kalinya pagi tadi. Usai diperiksa, Sekjen Partai NasDem itu sudah terlihat mengenakan rompi tahanan warna merah muda.

Korps Adhyaksa dipastikan punya bukti kuat dalam menetapkan Johnny sebagai tersangka. Kejagunh bahkan langsung menahan Johnny untuk 20 hari pertama di Rutan Salemba Cabang Kejagung.sinpo

Komentar: