ANTISIPASI WABAH ZOONOSIS

MPR Minta Kemenkes Antisipasi Penyebaran Wabah Zoonosis

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 18 Mei 2023 | 15:58 WIB
Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (SinPo.id/ Dok. MPR)
Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (SinPo.id/ Dok. MPR)

SinPo.id - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melakukan upaya pencegahan terhadap wabah berbagai penyakit zoonosis di Tanah Air. Antisipasi harus dilakukan pemerintah sebaik mungkin.

"Meminta pemerintah, dalam hal ini Kemenkes, untuk melakukan upaya pencegahan terhadap mewabahnya penyakit-penyakit zoonosis di Indonesia dan segera menyusun langkah-langkah untuk menangani wabah tersebut," kata Bamsoet dalam keterangan tertulis, Jakarta, Kamis, 18 Mei 2023.

Ini disampaikan Bamsoet menanggapi laporan dari sistem pengawasan penyakit menular Kemenkes Vietnam yang menunjukkan pada bulan-bulan pertama 2023 ada sejumlah warganya yang terinfeksi bakteri Streptococcus suis atau penyakit zoonosis penularan dari babi ke manusia.

Menurut dia, Kemenkes RI bisa lebih awas setelah mengetahui laporan tersebut. Bamsoet tak ingin penyakit itu ikut mewabah di Indonesia.

"Meminta Kemenkes menjadikan hal itu untuk lebih waspada terhadap penyakit zoonosis tersebut dikarenakan ada pasien yang dinyatakan positif Streptococcus suis," kata dia.

Selain melakukan upaya pencegahan, Bamsoet berharap Kemenkes RI mengedukasi masyarakat terkait langkah-langkah untuk mengantisipasi hal tersebut. Ini penting agar penularan penyakit zoonosis tak masuk ke Tanah Air.

"Edukasi itu diperlukan mengingat penyakit zoonosis juga dapat berbahaya terhadap kesehatan manusia," ucapnya.

MPR juga meminta pemerintah menghilangkan potensi risiko infeksi zoonosis. Apalagi, hingga saat ini belum ada vaksin untuk mengobati penyakit tersebut. Bamsoet juga meminta pemerintah memetakan negara-negara yang sudah terjangkiti zoonosis dan berhati-hati terhadap potensi penularan penyakit tersebut di Indonesia.

"Pemerintah perlu memetakan negara-negara yang sudah terjangkiti zoonosis dan berhati-hati terhadap potensi penularan penyakit zoonosis di Indonesia," ujar Bamsoet.sinpo

Komentar: