Surya Paloh Prediksi Kasus Johnny Plate Pengaruhi Elektabilitas Anies dan NasDem

Laporan: Khaerul Anam
Kamis, 18 Mei 2023 | 01:10 WIB
Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh (SinPo.id/ Andi Rezaldy)
Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh (SinPo.id/ Andi Rezaldy)

SinPo.id -  Ketua Umum (Ketum) Partai NasDem Surya Paloh memprediksi kasus korupsi yang menjerat Johnny G Plate akan mempengaruhi elektabilitas Anies Baswedan dan NasDem pada Pemilu 2024. Paloh menyadari pengaruh besar atas persepsi publik. Sebab, dampaknya akan sangat besar terhadap elektoral partainya.

"Pengaruh pasti ada. Institusi partai politik dibangun oleh kekuatan persepsi dan keyakinan publik, salah satu faktor atau key factor-nya menentukan sekali," kata Paloh di kantor DPP NasDem, Jakarta Pusat, Rabu 17 Mei 2023.

Menurut Paloh, pemberitaan negatif yang terus-menerus melibatkan NasDem akan menggerus elektoral partainya. Untuk itu, Paloh berharap penuh kepada peran pers agar dapat memberikan informasi berimbang.

"Tergantung bagaimana kita membangun persepsi publik dan itulah peran rekan-rekan institusi pers yang saya nantikan dan saya harapkan pers yang bebas dan tetap mempunyai rasa tanggung jawabnya," ujarnya.

Sebelumnya, Kejaksaan Agung (Kejagjng) RI resmi menetapkan Sekretaris Jendral (Sekjen) NasDem Johnny G Plate sebagai tersangka kasus dugaan korupsi proyek BTS Bakti di Kemenkominfo. Plate sudah dua kali diperiksa penyidik sebagai saksi. Pemeriksaan pertama, pada 14 Februari, dan yang kedua pada 15 Maret 2023. 

Kasus korupsi yang menjerat Menteri Komunikasi dan Informasi sebagai tersangka ini yaitu soal proyek penyediaan infrastruktur BTS 4G infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, 5 Bakti Kominfo tahun 2020-2022. Kasus ini diduga merugikan negara mencapai Rp 8 triliun.
sinpo

Komentar: