JHONNY G PLATE TERSANGKA

Jhonny G Plate Tersangka, Pengamat: Bisa Saja NasDem Tak Jadi Usung Anies

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Rabu, 17 Mei 2023 | 23:16 WIB
Anies Baswedan (SinPo.id/ Zikri Maulana)
Anies Baswedan (SinPo.id/ Zikri Maulana)

SinPo.id - Penetapan Menkominfo Jhonny G Plate sebagai tersangka korupsi kasus BTS Bakti Kominfo secara tidak langsung dapat membawa perubahan peta koalisi. Seperti diketahui, partai besutan Surya Paloh mencalonkan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres pada Pilpres 2024.

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar, Ujang Komarudin menilai, penetapan Jhonny G Plate bukan tidak mungkin berdampak pada elektabilitas Partai NasDem. Bahkan tak menutup kemungkinan bila NasDem bakal menarik diri dari barisan partai pendukung Anies.

"Bisa saja Nasdem tidak jadi mengusung Anies dan memilih capres lain," ujar Ujang dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 17 Mei 2023.

Penetapan Jhonny G Plate sebagai tersangka, kata Ujang, dapat jadi momentum bagi NasDem untuk melakukan pembersihan internal. Hal ini membuka kemungkinan partai tersebut akan berhitung ulang dalam kancah perpolitikan.

"Mereka harus segera bersih-bersih, dan ada kemungkinan Nasdem mulai kalkulasi ulang soal peta Pilpres 2024 nanti," jelasnya.

Menurut Ujang, NasDem bisa saja akan berkoalisi dengan Partai Gerindra. Namun hal tersebut tergantung bagaimana elite kedua partai berkomunikasi.

"Bukan tidak mungkin Nasdem berkoalisi dengan partai Gerindra bila komunikasi koalisi dengan Gerindra terbuka lebar. Hal yang paling logis Nasdem menawarkan posisi cawapres dan mengusung kadernya sendiri yang memiliki popularitas dan elektabilitas semisal Ahmad Sahroni," paparnya.sinpo

Komentar: