5 Alasan Hasil Musra Usulkan Prabowo Untuk Didukung Di Pilpres 2024

Oleh: Hariqo Satria, Direktur Eksekutif Komunikonten
Minggu, 14 Mei 2023 | 21:10 WIB
Hariqo Satria (Sinpo.id/Komunikonten)
Hariqo Satria (Sinpo.id/Komunikonten)

SinPo.id -  Musyawarah Rakyat Indonesia (MUSRA) yang diselenggarakan oleh para relawan Jokowi dari seluruh Provinsi, telah berakhir pada Minggu 14 Mei 2023.

MUSRA ini merupakan inovasi baru di Indonesia, yang dapat membantu KPU, Bawaslu, DKPP untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam politik.

Selamat kepada Bung Andi Gani Nena Wea, Bung Budi Arie Setiadi, Bunh Panel barus dan seluruh relawan Jokowi serta seluruh peserta MUSRA.

Menurut saya, sekurangnya ada lima alasan, mengapa nama Prabowo Subianto masuk daftar prioritas yang diusulkan dalam MUSRA tersebut, untuk didukung dalam Pemilihan Presiden 2024 nanti.

Pertama, ikatan emosional antara Prabowo dengan relawan Jokowi telah berlangsung selama lebih kurang sebelas tahun, yaitu ketika Prabowo dan Gerindra bekerja begitu keras untuk memenangkan Jokowi dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta tahun 2012.

Pilgub 2012 itu bersejarah dan tidak akan terlupakan oleh para pendukung sejati Jokowi.

Saat itu, Prabowo dikenal sebagai Jenderal Lapangan yang sangat hafal situasi dan kondisi Jakarta. Prabowo bersama relawan juga turun langsung mendampingi Jokowi ke kampung-kampung dan di panggung-panggung sosialisasi.

Kedua, di antara semua Bacapres, Prabowo punya komitmen paling tinggi untuk meneruskan berbagai legacy Jokowi.

Soal komitmen di berbagai hal termasuk IKN, saya kira Jokowi lebih mempercayai komitmen Prabowo ketimbang Ganjar.

Prabowo terbukti sebagai sosok yang setia, baik kepada teman, senior, apalagi kepada Jokowi sebagai mantan Pimpinannya. Prabowo sosok yang lebih banyak mendatangi ketimbang dikunjungi.

Ketiga, persamaan karakter Jokowi dan Prabowo, yaitu kesabaran dalam menghadapi berbagai fitnah, caci maki, apalagi hanya kritik, dan itu sangat menonjol selama lima tahun ini, dan mudah tersentuh kalau berkaitan dengan penderitaan rakyat.

Keempat, para relawan memahami bahwa Prabowo adalah sosok yang ikhlas dan tabah seperti kesaksian Gus Dur. Baru-baru ini, kesabaran Prabowo sangat terlihat ketika ia ditinggalkan oleh Anies Baswedan dan Sandiaga Uno yang pernah di dukungnya, dan juga ketika Prabowo diejek oleh Adian Napitupulu.

Kelima, kinerja, prestasi serta loyalitas Prabowo kepada Jokowi selama menjadi Menteri Pertahanan. Prabowo termasuk menteri terbaik, dan tidak pernah membuat pernyataan-pernyataan yang merepotkan Presiden. Prabowo menyampaikan kritik kepada pemerintahan secara tertutup.

Kita patut mengapresiasi Musyawarah Rakyat Indonesia yang diselenggarakan oleh ratusan organ relawan Jokowi ini.

Karena prosesnya lebih dari satu bulan. Mungkin ini salah satu musyawarah yang paling lama, alot namun demokratis dalam sejarah Indonesia.

Demikian sementara dari saya, terima kasih, hormat saya. 
sinpo

Komentar: