FILM BUYA HAMKA

PUI Sebut Film Buya Hamka Cocok Ditonton Lintas Generasi

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Sabtu, 13 Mei 2023 | 12:59 WIB
Film Buya Hamka (SinPo.id/ Trailer Film Buya Hamka)
Film Buya Hamka (SinPo.id/ Trailer Film Buya Hamka)

SinPo.id - Ketua Umum Dewan Pusat Persatuan Ummat Islam (DPP PUI), KH Nurhasan Zaidi sebut film Buya Hamka cocok ditonton lintas generasi. Saat hadir pada Gala Premiere Film Buya Hamka di Jakarta, Kiai Nurhasan dengan antusias menjelaskan film Buya Hamka mengingatkannya pada masa di mana dirinya sering mendengarkan ceramah Buya Hamka.

“Saya Alhamdulillah termasuk kelompok umur yang sempat menikmati nasihat dan ceramah-ceramahnya Buya Hamka. Jadi saya cukup terharu meneteskan air mata,” kata Nurhasan dikutip dari laman MUI, Sabtu, 13 Mei 2023.

Nurhasan juga bercerita tentang ayahnya yang menemani Ketua PUI saat itu untuk menemui Buya Hamka yang tengah sakit. Sebagaimana mestinya, Ketua Umum PUI kala itu, Aziz Halim, mendoakan kesehatan Buya Hamka seraya berujar bahwa Buya Hamka harus kembali sehat agar umat tidak kehilangan sosok orang tua.

Sontak Buya Hamka justru menasehati Aziz Halim itu dengan mengatakan, “Kalau kamu kehilangan orang tua, jadilah kamu orang tua,” ucapnya.

“Jadi memang Buya Hamka ini seorang ulama dan sastrawan, jadi nasihat-nasihatnya itu bernash, kontennya kuat, dan indah didengar,” sambungnya.

Karenanya, Kiai Nurhasan dengan mantap menyatakan bahwa film Buya Hamka memang cocok untuk generasi seusianya. Generasi yang mengenal dan mengalami Buya Hamka saat masih aktif dakwah wajib menonton film tersebut.

Tetapi, Kiai Hasan Zaidi juga mendorong generasi muda menonton film Buya Hamka karena sarat dengan sejarah dan perjuangan anak bangsa. Sehingga film Buya Hamka cocok bagi lintas generasi

“Karena dengan mempelajari sejarah itu bisa membangkitkan emosi, semangat untuk berjihad dan berdakwah,” jelasnya. sinpo

Komentar: