Bamsoet Tegaskan Seleksi Jabatan Sekjen MPR Terbuka untuk Umum

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 12 Mei 2023 | 09:26 WIB
Bambang Soesatyo (Sinpo.id/MPR)
Bambang Soesatyo (Sinpo.id/MPR)

SinPo.id -  Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyatakan seleksi jabatan untuk Sekretaris Jenderal (Sekjen) MPR terbuka untuk umum. Siapa pun dipersilakan untuk mendaftat dan bersaing.

"Kalau ada yang ingin mendaftar sebagai calon sekjen, dipersilahkan, baik dari dalam maupun dari luar, dengan syarat-syarat yang sudah ditentukan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku," kata Bamsoet di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis, 11 Mei 2023.

Bamsoet berpesan agar seleksi pengisian jabatan dapat dilaksanakan secara terbuka, transparan, adil dan akuntabel. Seleksi harus berjalan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Kami meyakini dengan mekanisme seleksi yang baik dan benar dan dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya, semakin terbuka peluang untuk pendapatan kandidat yang benar-benar kompeten dan berkualitas," kata dia.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar itu menyebut seleksi jabatan Sekjen MPR RI dibuk setelah berakhirnya perpanjangan masa bakti Ma'ruf Cahyono.

"Saya sudah bertemu Pak Ma'ruf, kami sudah menyampaikan ucapan terima kasih luar biasa atas peran dan jasa-jasa beliau sebagai sekretarias jenderal selama ini," kata dia.

Bamsoet menjelaskan keputusan presiden terkait penetapan, pemberhentian dengan hormat saudara Ma'ruf Cahyono, dan sekaligus penetapan pelaksana tugas Sekjen MPR RI sedang dalam proses di sekretarian kabinet.

"Plt Sekjen MPR akan melaksanakan seleksi untuk memilih calon sekretaris jenderal MPR, yang nantinya juga akan diusulkan untuk ditetapkan melalui keputusan presiden," tegas Bamsoet.
sinpo

Komentar: