48 Persen Bacaleg PDIP dari Kalangan Muda

Laporan: Khaerul Anam
Kamis, 11 Mei 2023 | 13:20 WIB
Hasto mengantarkan Bacaleg PDIP ke KPU (Sinpo.id/Ashar)
Hasto mengantarkan Bacaleg PDIP ke KPU (Sinpo.id/Ashar)

SinPo.id -  Sekretaris Jendral (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan bakal calon anggota legislatif (bacaleg) yang didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) terdiri dari berbagai latar belakang.

Menurut Hasto, dari 580 bacaleg yang didaftarkan partainya, sebanyak 128 diantaranya merupakan petahana yang didaftarkan untuk maju kembali pada Pemilu serentak 2024.

"Dari 580 calon anggota legislatif (caleg) sebagian besar yang dicalonkan juga berasal dari anggota legislatif incumbent, itu ada 128 semuanya dilakukan evaluasi dan juga sebagian besar dicalonkan kembali, kecuali ada penugasan lain," kata Hasto kepada wartawan di KPU RI, Jakarta Pusat, Kamis 11 Mei 2023.

Hasto memaparkan, keterwakilan perempuan bacaleg PDI Perjuangan yang didaftarkan mencapai 33 persen dari total keseluruhan bacaleg.

Sementara itu, sebanyak 48 persennya bacaleg yang diserahkan terdiri dari kalangan muda yang telah disiapkan sebagai anggota dewan.

"Mengingat partai juga melakukan kaderisasi secara sistemik dari kalangan muda. Sebagai komitemn bagi PDI perjuangan,"ujarnya.

Selanjutnya, dari jumlah yang diserahkan ke KPU terdiri dari lintas profesi, diantaranya kalangan Akademisi sebanyak 17 orang, TNI/ Polri purnawirawan ada 17 orang;  Budayawan, Seniman dan artis ada 14 orang.

Lebih lanjut, Hasto menambahkan, bacaleg yang diserahkan ke KPU tersebut sebagian besarnya merupakan kader partai yang telah melalui pendidikan politik dan kaderisasi berjenjang.

"Termasuk kepala daerah yang telah menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya itu juga di calonkan menjadi bakal calon," ucap Hasto.

"Seluruh bakal calon tersebut dipersiapkan dengan sebaik-baiknya termasuk telah melalui psikotes," tandasnya.
sinpo

Komentar: