SEA Games 2023

Thailand Masih di Puncak Klasemen Peraih Medali Terbanyak

Laporan: Bayu Primanda
Rabu, 10 Mei 2023 | 09:28 WIB
Venue SEA Games 2023 (Sinpo.id/SEA Games 2023)
Venue SEA Games 2023 (Sinpo.id/SEA Games 2023)

SinPo.id -  Persaingan ketat terjadi di peringkat lima besar klasemen sementara perolehan medali SEA Games 2023 di mana Thailand, Vietnam, Kamboja, Filipina, dan Indonesia saling susul menyusul.

Thailand berhasil menduduki puncak klasemen, pada Selasa malam, 9 Juli 2023, yang selama ini ditempati Kamboja. Bahkan, sang tuan rumah terlempar ke urutan tiga saat Vietnam berhasil mempertahankan posisinya di peringkat kedua.

Selisih perolehan medali emas yang tidak berbeda jauh antara tiga negara di peringkat teratas tersebut - Thailand 40 emas, sementara Vietnam dan Kamboja sama-sama mengumpulkan 39 emas  membuat persaingan semakin sengit.

Dengan demikian, perolehan medali perak dan perunggu menjadi faktor lain yang menentukan kedudukan klasemen. Hingga Rabu pagi, Vietnam menjadi negara dengan perolehan total medali terbanyak dengan 124 medali.

Vietnam berpotensi besar menjadi yang teratas pada penutupan hari ini mengingat perbedaan yang sangat tipis pada perolehan emas, sementara Thailand dan Kamboja masing-masing mengoleksi total 115 medali dan 117 medali.

Sementara itu, di peringkat keempat dan kelima terjadi persaingan ketat antara Filipina dan Indonesia. Dengan jumlah emas yang sama dengan kontingen Merah Putih, Filipina naik satu posisi ke urutan empat menggeser Indonesia.

Filipina mengumpulkan total 106 medali, selisih tujuh medali dari Indonesia. Meski begitu, bukan tidak mungkin tim Merah Putih mengambil alih posisi keempat, bahkan kembali menempati peringkat tertingginya di urutan kedua.

Pada hari kelima penyelenggaraan SEA Games 2023, Rabu, 10 Mei 2023 Indonesia berpotensi menambah pundi-pundi medali lewat cabang olahraga atletik.

Beberapa nomor andalan tim atletik Indonesia akan dilombakan, di antaranya lompat jauh, estafet 4x100 meter putra, dan nomor 100 meter lari gawang putri.

Cabang olahraga esport juga berpeluang menambah emas hari ini melalui nomor Valorant.

Berikut klasemen perolehan medali SEA Games 2023 pada Rabu, 10 Mei 2023 pukul 08.00 WIB (tidak ada perbedaan waktu dengan Kamboja) menurut laman resmi panitia SEA Games 2023 Kamboja (CAMSOC) games.cambodia2023.com.sinpo

Komentar: