BKSAP DPR

BKSAP Pastikan Suara Parlemen Beri Perspektif Baru bagi ASEAN

Laporan: Juven Martua Sitompul
Selasa, 09 Mei 2023 | 20:12 WIB
Ketua BKSAP DPR RI Fadli Zon (SinPo.id/ Tri Setyo)
Ketua BKSAP DPR RI Fadli Zon (SinPo.id/ Tri Setyo)

SinPo.id - Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR Fadli Zon memastikan rekomendasi perwakilan Parlemen se-ASEAN bakal terwakili dalam pesan yang akan disampaikan pada agenda ASEAN-AIPA Leaders Interface Meeting.

Masing-masing dari rekomendasi itu diharapkan dapat memberikan perspektif baru untuk menghadapi tantangan di kawasan ASEAN.

"Saya harap kita bisa mempresentasikan rekomendasi yang deliberatif. Dari sudut pandang kita (sebagai parlemen) adalah berupaya menyelesaikan tantangan guna menjaga komunitas ASEAN," kata Fadli Zon dalam keterangan tertulis, Jakarta, Selasa, 9 Mei 2023.

Fadli yang didapuk sebagai Ketua Rapat Persiapan berjanji bakal membuat para perwakilan parlemen se-ASEAN berpartisipasi penuh. Baginya, partisipasi ini akan melahirkan kolaborasi antar Parlemen ASEAN.

"Kami sudah menerima beberapa masukan dari sejumlah negara seperti Filipina, Vietnam, Singapura, Laos, Kamboja, dan Thailand. Kami pun juga menerima inisiatif pesan AIPA yang lebih ringkas dari DPR," kata dia.

Politisi Fraksi Partai Gerindra itu mengungkapkan apreasiasi atas dukungan seluruh perwakilan Parlemen se-ASEAN yang hadir.

"Izinkan saya menyampaikan apresiasi yang tulus untuk semua dukungan, kontribusi, dan partisipasi yang tak ternilai," kata Fadli.

Melalui estafet keketuaan ASEAN yang dipercayakan saat ini, Indonesia sedang berupaya memperkuat posisi ASEAN sebagai kawasan yang stabil dan damai. Salah satunya, diwujudkan dengan mendorong adanya partisipasi inklusif dan pertumbuhan ekonomi kawasan yang berkelanjutan.

Hal ini selaras dengan tema ASEAN ke-42 bertajuk 'ASEAN Matters: Epicentrum of Growth', Presidensi AIPA turut bertemakan ' 'Responsive Parliaments for Stable and Prosperous ASEAN'. Dengan tema itu, setiap parlemen ASEAN memiliki semangat yang sama menyampaikan pesan dan aksi mengenai integrasi regional, pembangunan komunitas, serta mempromosikan perdamaian dan stabilitas.sinpo

Komentar: