Pemerintah Diminta Tingkatkan Pemeliharaan dan Pengawasan Infrastruktur Jalan

Laporan: Juven Martua Sitompul
Selasa, 09 Mei 2023 | 09:49 WIB
Jalan rusak di Lampung (Sinpo.id/Radarlampung)
Jalan rusak di Lampung (Sinpo.id/Radarlampung)

SinPo.id -  Wakil Ketua (Waka) DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) meminta pemerintah meningkatkan pemeliharaan dan pengawasan pembangunan infrastruktur di Indonesia. Terutama infrastruktur jalan.

"Pembangunan infrastruktur sudah berjalan baik. Yang perlu ditingkatkan itu adalah pemeliharaan dan pengawasannya, ini menurut saya penting dioptimalkan,"'kata Cak Imin dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Selasa, 9 Mei 2023.

Menurut dia, pemeliharaan dan pengawasan terhadap infrastruktur, khususnya jalan merupakan hal yang penting. Pemanfaatan penyediaan infrastruktur bahkan tidak akan berjalan dengan baik jika pemeliharaan dan pengawasan tidak dilakukan dengan maksimal.

"Jadi pembangunan tentu saja harus berjalan beriringan dengan pemeliharaan dan pengawasan," ujar Cak Imin.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mendorong pemerintah untuk memperbanyak laboratorium uji mutu infrastruktur. Dalam hal ini, Cak Imin mengatakan pemerintah dapat menggandeng sejumlah praktisi bidang teknik sipil atau arsitektur dan universitas terkait untuk mengoptimalkan.

"Kita ini masih minim punya laboratorium uji mutu infrastruktur, padahal SDM kita banyak yang lulusan Teknik Infrastruktur Sipil dan Perancangan Arsitektur misalnya," kata dia.

Cak Imin menyatakan laboratorium uji mutu infrastruktur adalah ujung tombak mutu sekaligus pengawasan pengerjaan infrastruktur di Indonesia. Khususnya, infrastruktur jalan.

Dia menambahkan laboratorium uji mutu menjadi sangat vital dalam memastikan kualitas pembangunan infrastruktur yang layak. Dengan demikian, kata dia, infrastruktur tersebut dapat bertahan lama, sesuai karakter geografis Indonesia.

"Jadi kalau setiap pembangunan infrastruktur diuji dulu mutunya, saya yakin kualitas infrastruktur kita akan lebih baik lagi, lebih terjamin, dan tentu tidak cepat rusak," tegas Cak Imin.sinpo

Komentar: