Survei SMRC: Pemilih Kritis Lebih Banyak Pilih Prabowo Subianto Sebagai Presiden

Laporan: Khaerul Anam
Minggu, 07 Mei 2023 | 23:13 WIB
Tangkapan layar survei SMRC (Sinpo.id/SMRC)
Tangkapan layar survei SMRC (Sinpo.id/SMRC)

SinPo.id -  Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra Prabowo Subianto paling banyak dipilih sebagai bakal calon presiden (Capres) oleh pemilih kritis pada pemilu 2024. Hasil itu berdasarkan survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) dengan menggunakan indikasi pemilih kritis. 

Kategori pemilih kritis adalah mereka yang memiliki telepon pintar atau smartphone. Sebab, mereka dinilai menerima informasi lebih banyak dibandingkan yang tidak punya alat komunikasi tersebut.

"Dari pertanyaan ini kami memperoleh respons bahwa ada 34,5 persen yang memilih Prabowo Subianto kemudian 33,3 persen yang memilih Ganjar Pranowo," kata Direktur Riset Deni Irvani dalam tayangan Youtube SMRC TV, Minggu 7 Mei 2023.

Sementara itu, bakal capres berikutnya yaitu mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menempati posisi tiga dengan elektabilitas 21,7 persen.

Lebih lanjut, Deni membeberkan bahwa kemungkinan besar pemilihan presiden (Pilpres) berlangsung selama dua putaran. Hal ini lantaran tiga bakal capres itu tidak memiliki elektabilitas di atas 50 persen.

"Karena itu, terbuka Pilpres akan berlangsung dua putaran," ujarnya.

Sebagai informasi, survei dilakukan pada 2 hingga 5 Mei 2023 dengan metode survei random digit dialing (RDD) dengan sampel sebanyak 925 orang dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi dan screening.

Adapun margin of error survei diperkirakan sekitar 3,3 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih.

sinpo

Komentar: