Bamsoet Dinilai Sosok yang Tepat Duduki Kursi Ketua DPR RI

Oleh: Redaksi
Minggu, 07 Januari 2018 | 15:54 WIB
Bambang Soesatyo - Foto: Istimewa
Bambang Soesatyo - Foto: Istimewa

Jakarta, sinpo.id - Rohaniwan Romo Benny Susetyo berharap Partai Golkar tidak salah memilih Kader yang akan diusung sebagai Ketua DPR RI. Dalam pandangan seorang Romo Benny, sosok legislator Golkar yang tepat untuk menjadi Ketua DPR adalah Bambang Soesatyo.

Romo Benny menuturkan, Bambang yang akrab disapa Bamsoet sudah sangat berpengalaman. Dirinya juga menilai Bamsoet punya kemampuan berpikir untuk membuat DPR menjadi lebih baik.

“Dia punya visi. Bekas wartawan, lama di Parpol. Dia lobinya juga baik,” papar Romo Benny, Minggu (7/1/2018).

Beliau melanjutkan, selama ini DPR sudah melekat dengan stigma pragmatisme. DPR seolah menjadi lembaga politik tanpa keadaban karena anggota-anggotanya terseret kasus korupsi.

Namun, Romo Benny meyakini Bamsoet punya visi antikorupsi. Pendiri Setara Institute itu mengaku mencermati tulisan-tulisan Bamsoet yang sudah menjadi beberapa buku.

“Di buku-buku Bamsoet jelas dia memerangi korupsi. Di mana ada visi DPR dibangun dan bisa mengawasi Pemerintah. Menurut saya dia (Bamsoet) cocok (menjadi Ketua DPR) di era milenial begini,” lanjutnya.

Hanya saja, Romo Benny punya kriteria sekaligus harapan tentang  Ketua DPR pengganti Setya Novanto. Yang pertama, Ketua DPR bisa membangun keadaban politik dengan menjaga moralitas berbangsa dan bernegara.

Kedua, Ketua DPR diharapkan bisa memperbaiki kinerja lembaga legislatif. Sebab, selama ini justru di DPR banyak diwarnai konflik kepentingan, termasuk dalam pembuatan undang-undang.

“Jadi fokus bikin legislasi,” harapnya.

kemudian, Ketua DPR harus fokus mengawasi Pemerintah demi kepentingan rakyat. Sedangkan keempat, Ketua DPR harus mampu menyinergikan berbagai fraksi demi kepentingan bangsa dan negara.

“Kalau friksi terus terjadi, takkan maju. Harus ada sinergi dengan Pemerintah untuk apa yang dicapai ke deapan. Sebab persaingan bangsa ke depan sangat besar. Apalagi politik kita penuh dengan potesi konflik,” paparnya.

Melihat kriteria-kriteria itu, DPR membutuhkan negarawan. Sehingga, sosok Bamsoet pun dinilai cocok duduki kursi Ketua DPR RI. Bahkan, Bamsoet yang pernah jadi wartawan juga punya nilai tambah.

“Bamsoet mampu dengan track record-nya. Plus dia mantan orang media, jadi dia pasti bisa merangkul media untuk membantu DPR,” pungkasnya.sinpo

Komentar: