Penantian 33 Tahun, Napoli Juara Liga Italia

Laporan: Martahan Sohuturon
Jumat, 05 Mei 2023 | 08:32 WIB
Luciano Spalletti sukses memberikan gelar scudetto ketiga bagi Napoli. Gelar ini telah dinantikan Napoli selama 33 tahun. (SinPo.id/Reuters)
Luciano Spalletti sukses memberikan gelar scudetto ketiga bagi Napoli. Gelar ini telah dinantikan Napoli selama 33 tahun. (SinPo.id/Reuters)

SinPo.id - Napoli mengunci gelar juara Liga Italia musim 2022/2023 berkat hasil imbang 1-1 melawan Udinese pada pertandingan pekan ke-33 di Stadion Friuli pada Jumat, 5 Mei 2023 dini hari WIB.

Napoli mengakhiri penantian panjang untuk memenangkan Liga Italia. Ini merupakan gelar ketiga bagi klub asal Kota Naples tersebut setelah penantian panjang 33 tahun

Sebanyak dua gelar sebelumnya diraih Napoli Napoli bersama sang legenda akbar, Diego Maradona pada 1987 dan 1990.

I Partenopei memetik skor 1-1 sebagai syarat minimal juara berkat gol Victor Osimhen yang membayar lesakan awal Sandi Lovric. Hasil itu menambah poin mereka menjadi 80 keping.

Angka tersebut sudah tak mungkin lagi disamai runner-up klasemen sementara, Lazio, dalam lima partai tersisa. Lazio baru mengumpulkan 64 poin dan raihan maksimal mereka hanya bisa mencapai 79 keping jika memenangi semua pertandingan.

Bertandang ke markas Udinese, pasukan Luciano Spalletti sebenarnya tampil sedikit gugup di babak pertama. Meski berhasil mendominasi permainan, tapi Napoli kalah agresif dalam penciptaan peluang.

Kondisi ini dimanfaatkan Udinese dengan mencetak gol duluan pada menit ke-13. Tembakan Sandi Lovric setelah menerima bola dari Destiny Udogie sukses menyarangkan bola ke pojok atas gawang.

Napoli tercatat cuma melepaskan tiga percobaan dengan satu saja yang tepat sasaran.

Beruntung, I Partenopei berhasil mengatasi kegugupan pascajeda.

Mereka pun mencetak gol penyama skor yang menggaransi scudetto. Berawal dari tembakan keras Khvicha Kvaratskhelia yang diblok, bola muntah langsung disambar tembakan Victor Osimhen.

Dalam kondisi kiper lawan masih tiarap, bomber Nigeria tersebut sukses menceploskan bola ke gawang di menit ke-52.

Hasil seri bertahan sampai peluit akhir dan memastikan Napoli meraih scudetto musim ini.sinpo

Komentar: