Survei LSN: Publik Yakin Jokowi Bakal Dukung Prabowo di Pilpres 2024

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Kamis, 04 Mei 2023 | 20:41 WIB
Prabowo saat bersama Presiden Jokowi naiki Rantis Maung (SinPo.id/ Tim Media Prabowo)
Prabowo saat bersama Presiden Jokowi naiki Rantis Maung (SinPo.id/ Tim Media Prabowo)

SinPo.id - Lembaga Survei Nasional (LSN) meyakini Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk maju dalam Pilpres 2024. Temuan ini didapati LSN dalam rilis survei terbarunya, pada Kamis, 4 Mei 2023.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan pada 25 April hingga 2 Mei 2023, menunjukkan sebanyak 43,6 persen responden meyakini bahwa Jokowi akhirnya akan mendukung Prabowo. Kendati saat ini PDI Perjuangan telah memutuskan untuk mengusung Ganjar Pranowo sebagai capres. 


Direktur Eksekutif LSN Gema Nusantara Bakry menilai, ada beberapa pertimbangan yang diyakini akan mengantar Jokowi untuk mendukung Prabowo Subianto. Menteri Pertahanan itu dinilai sebagai sosok yang dapat melanjutkan program nasional yang belum ia tuntaskan.

"Kemungkinan dukungan atau endorsement Presiden Jokowi kepada Prabowo Subianto bukannya tanpa alasan. Jokowi kelihatannya memandang Prabowo lebih cocok untuk menggantikan dirinya, sekaligus melanjutkan program-program nasionalnya yang belum tuntas," kata Gema.

Gema mengatakan, nama lain yang kemungkinan mendapatkan dukungan Jokowi berdasarkan hasil survei adalah Ganjar Pranowo. Meski berasal dari partai yang sama, Ganjar hanya memperoleh persentase sebesar 32,3 persen.

"Sebanyak 32,3% responden menyatakan keyakinan bahwa endorsement Presiden Jokowi tersebut akan diberikan kepada Ganjar Pranowo yang telah diusung oleh PDI Perjuangan," katanya. 

Sementara tokoh lain yang diyakini publik akan didukung Jokowi yakni Erick Thohir, Mahfud MD, dan Airlangga Hartarto.

"Sedangkan tokoh lain yang dalam persepsi publik juga mungkin mendapat dukungan dari Presiden Jokowi adalah Erick Thohir mendapat 8,5 persen, Mahfud MD 5,2 persen, dan Airlangga Hartarto 1,2 persen," ucap dia.sinpo

Komentar: