INFLASI INDONESIA

Airlangga Sebut Inflasi Bulan April 2023 Tetap Terjaga Stabil

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 04 Mei 2023 | 20:15 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (SinPo.id/ Galuh)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (SinPo.id/ Galuh)

SinPo.id - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan inflasi bulan April 2023 tetap terjaga stabil karena aktivitas ekonomi masyarakat di tahun ini mengalami peningkatan yang signifikan.

Tercatat, inflasi bulan April 2023 sebesar 0,33 persen (mtm) yang berarti lebih rendah dari inflasi Ramadan dan Idul Fitri pada tahun 2022 yakni 0,95 persen (mtm) dan 0,40 persen (mtm) pada Mei 2022.

”Capaian inflasi Ramadan dan Idulfitri 2023 yang tetap terjaga stabil merupakan hasil sinergi yang kuat dari TPIP dan TPID. Selain itu juga didukung cuaca yang relatif kondusif sehingga pasokan pangan terutama produk hortikultura terjaga dan ditopang panen yang berlangsung Maret- April,” kata Airlangga, Kamis 4 Mei 2023.

Di samping itu pemerintah juga melakukan Gelar Pangan Murah (GPM) penyaluran, Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) serta penyaluran bantuan pangan, untuk menjaga harga pangan tetap terkendali dan menjaga daya beli masyarakat.

Bahkan pemerintah daerah juga aktif melaksanakan pasar murah untuk membantu masyarakat memperoleh bahan pangan pokok dengan harga terjangkau.

"Pemerintah dan Bank Indonesia melalui TPIP dan TPID akan terus memperkuat sinergi kebijakan untuk menjaga capaian inflasi tahun 2023 dapat kembali dalam rentang sasaran,” ungkapnya.sinpo

Komentar: