PEMBENTUKAN KOALISI BESAR

Golkar-PKB Bangun Komunikasi dengan Parpol Lain untuk Koalisi Besar

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 03 Mei 2023 | 19:50 WIB
Pertemuan Airlangga Hartarto dengan Muhaimin Iskandar (SinPo.id/ Ashar)
Pertemuan Airlangga Hartarto dengan Muhaimin Iskandar (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan partainya bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan menjalin komunikasi dengan partai politik (parpol) lain untuk bergabung Koalisi Besar. Wacana pembentukan Koalisi Besar terus dimatangkan.

"Masing-masing akan terus bergerak dan berkomunikasi dengan partai lain agar masuk dalam koalisi besar," kata Airlangga usai menggelar pertemuan bersama Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) di Jakarta, Rabu, 3 Mei 2023.

Menurut dia, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) terus berkomunikasi untuk membentuk Koalisi Besar. Namun, dia memandang diperlukan partai politik (parpol) yang menjadi penggerak dari dua koalisi tersebut.

Untuk menindaklanjuti komunikasi itu, kata dia, Partai Golkar dan PKB bahkan bersepakat membangun koalisi inti. Tim ini sebagai motor penggerak untuk membentuk Koalisi Besar.

"Jadi KIB-KKIR ini sudah berbicara panjang lebar, tinggi rendah, dalam, tetapi kita juga putuskan bahwa ini butuh core, butuh inti motor penggerak dan hari ini dalam silaturahmi dan Alhamdulillah kita akan dorong Golkar dan PKB menjadi koalisi intinya," ujar dia.

Dia menegaskan Partai Golkar yang tergabung dalam KIB bersama PPP dan PAN, sementara PKB dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) bersama Partai Gerindra akan menjadi jembatan kedua koalisi untuk melakukan komunikasi politik dengan parpol lain untuk merealisasikan pembentukan Koalisi Besar.

"Kemudian hari ini kita membuat jembatan antara KIB dan KKIR ini, jembatannya kokoh. Itu dengan Golkar dan PKB. Kokohnya jembatan ini tentunya akan terus melakukan lobi-lobi dan pembicaraan," kata dia.sinpo

Komentar: