Polisi Pastikan Pelaku Penembakan Kantor MUI Tidak Terkait Kelompok Teroris

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 02 Mei 2023 | 22:13 WIB
Konferensi pers perkembangan penembakan di kantor MUI (SinPo.id/ Khaerul Anam)
Konferensi pers perkembangan penembakan di kantor MUI (SinPo.id/ Khaerul Anam)

SinPo.id - Polda Metro Jaya menyebut pelaku penembakan di kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) tidak ada kaitannya dengan kelompok terorisme di Indonesia.

Direskrimum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Hengki Haryadi mengatakan pihaknya telah bekerjasama dengan Detasemen Khusus (Densus) 88 untuk mendalami hal tersebut.

"Kami sudah koordinasi dengan Detasemen Khusus 88 hasil penyelidikan Densus bahwa tersangka ini tidak termasuk jaringan teror," kata Hengki di Mapolsek Menteng, Selasa, 2 Mei 2023.

Hengki menjelaskan, pelaku bertindak sendiri saat melalukan aksi penembakan di kantor MUI Jakarta Pusat. Selain itu, pelaku penembakan juga tidak terpapar paham dari ideologi agama yang ekstrem.

"Bukan merupakan wujud dari teror 'lone wolf' dan juga tidak terkooptasi dengan ideologi agama ekstrem," ujarnya.

Sebelumnya, terjadi aksi penembakan oleh orang tidak dikenal (OTK) di gedung kantor MUI Pusat Jakarta, pada Selasa siang, 2 Mei 2023. Akibat penembakan tersebut, dua orang pekerja MUI menjadi korban akibat terkena pecahan kaca dari tembakan pelaku.

Sementara itu, Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Komarudin, mengatakan pelaku penembakan di kantor MUI tersebut meninggal dunia.sinpo

Komentar: