Anggota Komisi VII DPR Minta Kapolri Tindak Tegas Mafia Penimbun BBM Subsidi

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 28 April 2023 | 16:00 WIB
Ilustrasi SPBU (SinPo.id/Pertamina)
Ilustrasi SPBU (SinPo.id/Pertamina)

SinPo.id -  Anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto, mendesak Kapolri Listyo Sigit Prasetyo, menindak mafia penimbun BBM bersubsidi. Upaya itu dilakukan menyusul ditemukannya gudang penimbunan BBM milik AKBP Achirudin di Sumatera Utara.

"Komisi VII DPR RI sering mendapat laporan adanya kejahatan penimbunan BBM bersubsidi yang dibeking oleh oknum aparat keamanan. Masalah ini sudah berulang kali disampaikan kepada pihak berwenang tapi hasilnya kurang memuaskan," kata Mulyanto, Jumat 28 April 2023.

Mulyanto meminta Kapolri untuk mengembangkan pemeriksaan secara komprehensif. Sebab, menurut dia,  masih ada gudang-gudang penimbunan BBM ilegal milik oknum aparat lain yang perlu ditertibkan.

Selain itu, ia juga mengingatkan agar Kapolri lebih berani dalam menindak anak buahnya yang terbukti menjadi bagian dari jaringan kejahatan penimbunan BBM. Sehingga kasus-kasus tersebut dapat diungkap dan dituntaskan secara nasional.

"Kejahatan ini tidak mungkin dilakukan oleh satu pihak saja. Pasti ada pihak lain yang mendukung dan turut serta dalam menjalankan operasinya. Karena itu Kapolri harus bisa mengembangkan pemeriksaan perkara ini hingga terbongkar semua pihak yang terlibat," ungkapnya.

Di samping itu, kata Mulyanto, kejahatan menimbun BBM bersubsidi dapat dapat membuat kuota BBM bersubsidi jebol. Hal ini karena bahan bakar yang dikhususkan untuk warga yang tidak mampu mengalir kepada mereka yang tidak berhak. sinpo

Komentar: