Inilah Tujuan Pemerintah Membangun Infrastruktur

Oleh: Redaksi
Rabu, 03 Januari 2018 | 14:19 WIB
Foto: Ilustrasi
Foto: Ilustrasi

Jakarta, sinpo.id Anggota Komisi IX DPR RI, dari Fraksi Nasdem Irma Suryani Caniago, memberikan tanggapannya terkait dengan pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh Pemerintah Jokowi – JK banyak yang menilai kurang bermanfaat, pada kenyataannya pembangunan infrastruktur yang dibangun Pemerintah sangat bermanfaat.

“Aneh jika ada yang menilai pembangunan infrastruktur yang dilakukan Pemerintah Jokowi - JK tidak bermanfaat untuk masyarakat. Pemerataan pembangunan seperti jalan antar kota dan wilayah ( tol ) yang dibangun Pemerintah memang tidak bisa dirasakan instant secara langsung," ujarnya kepada sinpo.id melalui pesan singkatnya.

Selain itu, ia menilai bahwa pembangunan infrasturktur diperlukan untuk investasi jangka panjang ­­serta pemerataan fasilitas yang ada, seperti pemerataan listrik di desa -  desa. Pentingnya pembangunan infrastruktur ini juga bertujuan untuk pemerataan pembangunan yang ada di desa setara dengan yang ada di kota - kota besar.

“Itu kan investasi negara jangka panjang serta pemerataan fasilitas yang wajib dirasakan oleh rakyat dimana pun mereka tinggal. Selama ini jalan antar kota berantakan maupun rusak listrik hanya dinikmati oleh rakyat di kota - kota besar saja, sementara di kabupaten listrik sering mati, minimal seminggu 3 kali bahkan masih banyak desa yang belum dialiri listrik,” paparnya.

Dalam hal ini, Pemerintahan Presiden Jokowi – JK terus berusaha membangun infrastruktur yang selama ini terabaikan dan tertinggal jauh dari negara tetangga. Pembangunan infrastruktur yang saat ini diprioritaskan memang tidak semua bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara cepat seperti pada contohnya di Papua. Dalam waktu satu atau 2 tahun sejak pembangunan selesai tentu hal ini normal jika belum dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang signifikan, dikarenakan butuh waktu. Lalu, tidak semua fasilitas yang dibangun untuk rakyat harus diukur dengan kenaikan pertumbuhan ekonomi secara instant.

“Karena pemerataan pembangunan dan service untuk rakyat tidak bisa selalu diminta imbal balik dlm bentuk pertumbuhan ekonomi jangka pendek masyarakat baru akan merasakan manfaatnya paling tidak satu periode kedepan,” tutupnya.sinpo

Komentar: