arus balik mudik lebaran 2023

Kapolri: Imbauan Tunda Balik Mudik Lebih Awal Turunkan 13 Persen Kendaraan Menuju Jakarta

Laporan: Martahan Sohuturon
Rabu, 26 April 2023 | 01:49 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (SinPo.id/Dok. Div Humas Polri)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (SinPo.id/Dok. Div Humas Polri)

SinPo.id - Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo menyampaikan bahwa imbauan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar warga menununda perjalanan pada puncak arus balik efektif menurunkan 13 persen kendaraan yang menuju Jakarta. Seperdi diketahui, pemerintah memprediksi puncak arus balik terjadi pada 24 hingga 25 April 2023.

"Kita lihat dari hasil rapat tadi, imbauan tersebut saya lihat cukup berdampak. Penghitungan tadi, terjadi penurunan 13 persen dari angka semula," kata Listyo di Tol Cikampek KM 62 seperti dikutip dari keterangannya pada Selasa, 25 April 2023.

Ia berharap, angka 13 tersebut dapat bertahan pada Rabu, 26 April 2023. Listyo juga berbarap masyarakat yang akan kembali bisa terdistribusi pada hari-hari lainnya.

"Mudah-mudahan ini bisa mengurai puncak arus balik. Sehingga menghindarkan masyarakat dari crowded, kemacetan luar biasa yang bisa mengganggu perjalanan masyarakat yang akan kembali ke Jakarta," ujarnya.

Di sisi lain, Listyo juga memastikan, personel Kepolisian telah melakukan upaya pengaturan terkait rest area yang sewaktu-waktu penuh, sehingga menyebabkan kemacetan.

"Yang jelas dari petugas sudah mengatur Rest Area mana yang masih diizinkan untuk dibuka. Namun juga akan ada kebijakan menutup Rest Area tersebut yang memang dirasa sudah padat untuk di alirkan ke Rest Area lain. Petugas di lapangan akan berikan petunjuk dan informasi. Sehingga masyarakat tidak kebingungan pada saat akan ambil keputusan untuk istirahat," tuturnya.sinpo

Komentar: