Covid-19

DPR Minta Sektor Wisata Antisipasi Varian Covid-19 dari Negara Tetangga

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 19 April 2023 | 21:12 WIB
Ilustrasi Covid-19 (SinPo.id/Pixabay)
Ilustrasi Covid-19 (SinPo.id/Pixabay)

SinPo.id - Anggota Komisi X DPR RI Lestari Moerdijat (Rerie) mengingatkan pemerintah untuk mengantisipasi masuknya virus Covid-19 varian Omicron subvarian XBB dari Singapura dan Malaysia pada masa mudik Lebaran 2023. Terutama, di sektor pariwisata Tanah Air.

"Di sejumlah negara tetangga kita sedang mengalami peningkatan kasus covid-19, sejumlah pihak terkait dan masyarakat harus mewaspadai kondisi tersebut, termasuk di sektor pariwisata," kata Rerie dalam keterangan tertulis, Jakarta, Rabu, 19 April 2023.

Berdasarkan catatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Singapura, ada 28.410 kasus positif covid-19 pada pekan terakhir Maret 2023. Jumlah ini hampir dua kali lipat dari angka minggu sebelumnya, yaitu 14.467 kasus.

Kemenkes Singapura menyebut kenaikan kasus Covid-19 itu dipicu oleh campuran varian Omicron subvarian XBB. Sementara itu, Malaysia mencatat ada 599 kasus baru Covid-19 hingga 6 April 2023.

Rerie menilai kondisi ini harus disikapi dengan bijak oleh para pemangku kepentingan di sektor pariwisata dan sejumlah sektor lainnya. Antisipasi penting dilakukan agar peluang penyebaran Covid-19 itu ke Tanah Air bisa ditekan.

Wakil Ketua MPR ini memaparkan sejumlah hal yang harus dilakukan pemerintah. Salah satunya, menghindari sementara perjalanan ke sejumlah negara yang sedang terjadi peningkatan kasus Covid-19.

Kemudian, tetap menerapkan protokol kesehatan di pintu-pintu masuk antarnegara serta kawasan wisata. Legislator dari Dapil Jawa Tengah II itu juga mendorong agar masyarakat yang biasa berlibur ke Singapura dan Malaysia untuk sementara bisa mengalihkan tujuannya ke sejumlah destinasi wisata di Nusantara yang tidak kalah menarik.

Di sisi lain, politikus Partai Nasdem itu juga meminta para pengelola kawasan wisata di Tanah Air konsisten menerapkan sejumlah protokol kesehatan yang diperlukan. Ini penting untuk mencegah potensi penyebaran Covid-19 dari negara tetangga meluas.

Rerie sangat berharap di masa libur lebaran tahun ini, masyarakat dapat mempererat tali silaturahim bersama sanak keluarga di kampung halaman. Termasuk, berwisata dengan aman, nyaman, dan tetap sehat.sinpo

Komentar: