Survei IPI: Kepuasan Publik pada Kinerja Jokowi 75,5 persen, Tertinggi dalam Delapan Tahun

Laporan: Khaerul Anam
Rabu, 19 April 2023 | 17:35 WIB
Presiden Jokowi. (SinPo.id/Dok. Setpres)
Presiden Jokowi. (SinPo.id/Dok. Setpres)

SinPo.id - Hasil survei Indikator Politik Indonesia (IPI) memperlihatkan bahwa tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini berada di level tertinggi dalam delapan tahun, yakni di 75,5 persen.

Hasil tersebut berdasarkan survei IPI yang digelar pada 8 hingga 13 April 2023 terhadap 1.221 responden. Survei dilakukan dengan cara wawancara via telepon.

"Kalau kami lihat dalam delapan tahun terakhir, survei kali ini paling tinggi, 75,5 persen," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi saat memaparkan hasil survei pada Rabu, 19 April 2023.

Burhanudin menjelaskan, responden yang puas dengan kinerja Jokowi tersebut terdiri dari 16,6 persen responden yang menyatakan sangat puas dan 58,9 persen menyatakan cukup puas.

Sementara itu, persentase kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi yang tertinggi adalah sebesar 75,3 persen pada Januari 2023. Sedangkan dalam survei pada Maret 2023, kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi sebesar 75 persen.

Burhanuddin membeberkan alasan yang menyebabkan tingginya persentase kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi pada periode April ini, yaitu faktor ekonomi dinilai jadi penyumbang terbesar dan bernilai positif.

"Penanganan ekonomi Indonesia dinilai positif oleh publik, padahal seperti yang kita tahu, di beberapa negara lain kondisi ekonomi turun dan kurang baik," kata Burhanuddin.

Selain itu, meski sudah memasuki momen menjelang lebaran, harga-harga barang masih tetap terkendali.

"Itu membantu persepsi publik atas kerja presiden, ini tak terlalu beda dengan lembaga survei lain," tandasnya.sinpo

Komentar: