mudik lebaran 2023

Antisipasi Kendala e-Toll, DPR Minta Jasa Marga Siagakan Petugas

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 17 April 2023 | 19:26 WIB
Ilustrasi. Gerbang Tol Cikampek. (SinPo.id/Khaerul Anam)
Ilustrasi. Gerbang Tol Cikampek. (SinPo.id/Khaerul Anam)

SinPo.id - Anggota Komisi V DPR Sri Rahayu mengingatkan PT Jasa Marga untuk mengantisipasi kendala penggunaan kartu atau mesin tol (e-toll) di gerbang tol. Salah satunya, pengguna jalan tol yang lupa membawa kartu atau kekurangan saldo uang elektronik e-toll.

Penerjunan petugas ke gerbang tol bisa mengurai penumpukan kendaraan akibat kendala tersebut. Petugas bahkan bisa membantu masyarakat yang kesulitan mengakses gerbang tol.

"Nah ini kiranya perlu menjadi perhatian dari PT Jasa Marga untuk disediakan petugas-petugas untuk meng-handle masalah tersebut," kata Sri usai menggelar kunjungan kerja Komisi V DPR dalam rangka meninjau kesiapan mudik Lebaran 2023 via tol di Karawang, Jawa Barat, Senin, 17 April 2023.

Politisi Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) itu juga meminta pemerintah mengantisipasi adanya kendaraan pemudik yang mogok. Termasuk, yang kehabisan bahan bakar minyak (BBM) di tengah perjalanan.

"Kalau saya lihat Pertamina sudah punya petugas yang kalau ada yang mogok bisa mengirim secara langsung. Jadi mohon nanti koordinasi dan komunikasi dengan Pertamina agar semua berjalan dengan baik," ucapnya.

Terakhir, dia juga meminta agar Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumlan perkiraan cuaca yang lebih presisi dan akurat untuk menjadi acuan pemudik kapan.

"Katanya kemarau, tapi nyatanya masih banyak hujan. Ini perlu menjadi perhatian juga untuk mencegah kemacetan. Karena kalau orang nyetir kalau hujan itu pasti lambat," kata Sri.sinpo

Komentar: