Kemenkes Perintahkan Seluruh Dinkes Sediakan Ambulans Motor di Jalur Darurat Mudik

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Senin, 17 April 2023 | 13:17 WIB
Salah satu ambulans motor milik aparat kepolisian/SinPo.id/Kemenpan RB
Salah satu ambulans motor milik aparat kepolisian/SinPo.id/Kemenpan RB

SinPo.id -  Kementerian Kesehatan (Kemenkes)  RI mengimbau seluruh dinas kesehatan (dinkes) menyediakan ambulans motor untuk merespons keadaan darurat di jalur mudik Lebaran 2023.

"Bukan hanya ambulans mobil saja, tapi juga sepeda motor. Bisa pakai dulu sepeda motor dinas yang dipakai staf dan dipasang sirene," kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes RI Maxi Rein Rondonuwu usai melepas Tim Pemantauan Mudik Hari Raya Idul Fitri 2023 di Gedung Kemenkes, Jakarta, Senin, 17 April 2023.

Maxi mengatakan pemerintah pusat telah melakukan pengadaan logistik, termasuk kotak berisi obat-obatan, yang bisa dipasang di sepeda motor petugas.

"Ambulans sepeda motor ini penting, karena beberapa tahun lalu banyak pemudik dehidrasi saat terjadi kemacetan di tol," katanya.

Dalam peninjauan persiapan mudik di jalur Banten, Maxi mendapat laporan bahwa dinas kesehatan setempat berhasil menyelamatkan sekitar 60 pemudik dengan permasalahan kesehatan, terjebak di jalur macet.

"Saya lihat di Banten sempat 60 orang terselamatkan melalui pertolongan ambulans sepeda motor," katanya.

Bagi Dinkes yang belum memiliki barang inventaris sepeda motor, kata Maxi, pihak kepolisian telah menyatakan kesiapan untuk memfasilitasi pinjam pakai.

"Bisa kerja sama dengan polisi, samping motornya bisa dipasang boks logistik obat-obatan. Sepeda motor penting untuk disiapkan di posko agar mobilitas lebih cepat," katanya.sinpo

Komentar: