MUDIK LEBARAN 2023

Dukung Kenyamanan Mudik Lebaran 2023, Tol Solo-Yogyakarta Beroperasi

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 17 April 2023 | 00:28 WIB
Foto: tol Jogja-Solo /dok. Jasamasga
Foto: tol Jogja-Solo /dok. Jasamasga

SinPo.id -  Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo Segmen Kartasura (Akses Gerbang Tol Colomadu) sepanjang 6 km sudah beroperasi. Ini dilakukan untuk mendukung pelayanan arus mudik-balik Lebaran 2023.

“Karakteristik jalur fungsional ini ialah berupa konstruksi rigid pavement sepanjang 3,5 Km dan lean concrete sepanjang 2,5 Km, dengan jam operasional dari jam 06.00 WIB s.d 17.00 WIB," kata Direktur Utama PT JMM Suchandra P. Hutabarat dalam keterangannya, Minggu 16 April 2023.

Pengoperasian jalur fungsional Jalan Tol Solo-Jogja pada periode arus mudik dimulai 15-24 April 2023 dan arus balik pada 25 April hingga 1 Mei 2023, sesuai diskresi Kepolisian.

Suchandra menjelaskan, kendaraan yang diperbolehkan melintas adalah kendaraan roda 4 golongan 1 non bus dan non-truk, tidak diperuntukan untuk kendaraan-kendaraan berat. 

Adapun, lanjut, Suchandra, untuk kecepatan maksimum pengguna jalan yang melewati jalur fungsional ini adalah sebesar 40 Km per jam.

Suchandra menambahkan, akses masuk jalur fungsional Jalan tol Jogja-Solo berjarak sekitar 700 meter dari gerbang tol Colomadu, jalan tol Solo-Ngawi. 

Sementara itu, pada periode arus mudik, jika sebelumnya pengguna jalan yang menuju arah Yogyakarta harus belok kiri menuju Jalan Nasional Solo-Semarang ke arah Tugu Kartasura, kali ini pengguna jalan bisa lurus untuk masuk ke jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo melalui Flyover Ngasem di STA 0+600.

Selanjutnya pengguna jalan akan melewati jalur fungsional sepanjang 6 Km dengan waktu tempuh 3-8 menit dan keluar ke Jl. Sawit untuk menempuh perjalanan sepanjang 800 meter dan masuk kembali ke Jalan Nasional Solo-Yogyakarta. 

"Dengan rute jalur fungsional ini, pengguna jalan dapat menghindari kepadatan yang kerap terjadi di Tugu Kartasura sekaligus memperpendek perjalanan dari akses/ gerbang Tol Colomadu menuju Klaten,” tandasnya.

Solo-Yogyakarta Toll Roadsinpo

Komentar: