Dokumen Rahasia AS Bocor, Serbia Disebut Setuju Pasok Senjata ke Ukraina

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 13 April 2023 | 09:37 WIB
Bendera Serbia/SinPo.id/Lurer
Bendera Serbia/SinPo.id/Lurer

SinPo.id -  Berdasarkan isi dari dokumen rahasia Pentagon yang bocor, Serbia disebut setuju untuk memasok senjata ke Ukraina. Padahal Serbia mengaku netral dalam perang Ukraina dan menolak untuk memberi sanksi kepada Rusia atas invasi tahun 2022.

Pernyataan tentang Serbia tersebut termasuk dalam ringkasan terkait tanggapan pemerintah Eropa terhadap permintaan Ukraina untuk pelatihan militer dan bantuan senjata.

Dokumen yang diposting online itu bahkan ditandai dengan tulisan "rahasia" dan "NOFORN", bertanggal 2 Maret, dan dicap dengan stempel kantor Kepala Staf Gabungan. Namun hingga kini keaslian dokumen tersebut belum dapat diverifikasi.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Serbia, Milos Vucevic, dalam sebuah pernyataan menyatakan bahwa isi dari dokumen rahasia yang bocor ke publik itu tidaklah benar.

"Serbia tidak pernah, dan juga tidak akan menjual senjata ke pihak Ukraina atau Rusia, atau ke negara-negara di sekitar konflik itu," kata Vucevic, dilansir dari Reuters, Kamis 13 Maret 2023.

Dalam dokumen Pentagon yang berjudul "Eropa|Tanggapan terhadap Konflik Rusia-Ukraina yang Sedang Berlangsung" itu, Serbia disebut menolak untuk memberikan pelatihan militer kepada pasukan Ukraina, tetapi telah berkomitmen untuk mengirimkan bantuan mematikan atau telah memasoknya.

"Seseorang jelas ingin menyeret Serbia ke dalam konflik itu, tapi kami akan tetap mempertahankan kebijakan kami," imbuh Vucevic.sinpo

Komentar: