LEBARAN 2023

PJ Gubernur DKI Minta Satpol PP dan Dishub Tak Ambil Cuti Lebaran

Laporan: Khaerul Anam
Rabu, 12 April 2023 | 23:13 WIB
Pj Gubernur Heru Budi Hartono / ppid dki
Pj Gubernur Heru Budi Hartono / ppid dki

SinPo.id -  Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meminta aparat Satpol PP dan petugas Dishub tidak cuti jelang arus mudik Lebaran 2023.

"Menjelang nanti arus mudik, jajaran yang bertugas tidak ada yang cuti. Saya ucapkan terima kasih untuk itu. Dinas Perhubungan bersama Satpol PP bersama TNI/Polri tetap bersinergi menjaga Jakarta," kata Heru melalui keterangan tertulisnya, Rabu 12 April 2023.

Mantan Walikota Jakarta Utara itu meminta agar Satpol PP berkoordinasi dengan para Walikota/ Bupati dan tokoh masyarakat untuk menggencarkan patroli.

"Satpol PP saya sarankan (yang bertugas) sekitar dua sampai tiga orang dalam satu titik, tidak sendirian. Dan dalam menjalankan tugas jangan lupa tetap menjaga kesehatan," ucapnya.

Heru juga meminta Dinas Perhubungan agar berkoordinasi dengan penyedia jasa transportasi terkait kesiapan armada angkutan mudik Lebaran. 

Selain itu, mereka juga diminta berkoordinasi dengan Ditlantas Polda Metro Jaya terkait pemasangan rambu-rambu lalu lintas di jalan.

Menurutnya, hal itu direalisasikan dengan penempatan petugas di setiap tikungan jalur utama mudik, untuk mengurangi potensi kemacetan, dan kecelakaan lalu lintas yang dapat terjadi selama periode mudik.

Sementara, Dinas Gulkarmat juga diimbau untuk berkoordinasi dengan para Wali Kota/Bupati dan tokoh masyarakat untuk menyosialisasikan bahaya kebakaran dan tindakan yang perlu dilakukan.

Hal itu agar rumah dan toko yang ditinggal mudik tetap aman, terutama di wilayah rawan seperti permukiman padat, tempat ibadah, pasar, dan tempat wisata.

"Apabila terjadi hal yang tidak diinginkan, itu tentunya kita harus siap siaga. Mudah-mudahan tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan. Walaupun Jakarta agak lengang, tetap waspadai masyarakat di tempat keramaian wisata, mall, supaya masyarakat tetap nyaman dalam libur panjang," tandasnya.
 sinpo

Komentar: