BAKN Harap Telaahan terhadap PMN Bisa Tingkatkan Kinerja BUMN

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 12 April 2023 | 20:01 WIB
Wakil Ketua BAKN DPR RI Mukhamad Misbakhun/ SinPo.id/ Galuh Ratnatika
Wakil Ketua BAKN DPR RI Mukhamad Misbakhun/ SinPo.id/ Galuh Ratnatika

SinPo.id - Wakil Ketua Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) DPR RI Mukhamad Misbakhun berharap telaahan pihaknya terhadap temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI pada Penyertaan Modal Negara (PMN) di tubuh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bisa disinkronkan. Ia mengingatkan bahwa tujuan PMN ialah meningkatkan kinerja keuangan dan korporasi.

"Inilah tujuan negara. Misalnya bagaimana PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyediakan layanan dengan kualitas baik. Bagaimana BUMN punya model bisnis dan tanggung jawab sosialnya baik," kata Misbakhhun, Rabu 12 April 2023. 

"KAI misalnya dapat tugas mengembangkan kereta api di jalur sumatera. Kemudian penguatan logistik di sumatera, HK menyelesaikan proyek jalan trans sumatera. Ini butuh biaya besar," imbuhnya. 

Oleh karena itu, Misbakhun bilang, BAKN sebagai alat kelengkapan dewan di DPR RI yang dapat melakukan audit keuangan pemerintah pusat ataupun lembaga, terus memantau persiapan dan program yang dijalankan PT KAI. 

"Misalnya periksa efektivitas subsidi, dana alokasi khusus, dan periksa yang lain. Nah, kali ini memeriksa PNM. Inilah yang sedang kami monitoring," katanya menambahkan.sinpo

Komentar: