HARGA SEMBAKO JELANG LEBARAN

Jaga Stabilisasi Harga, Pemerintah Diminta Penuhi Kebutuhan Pangan Saat Lebaran

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 12 April 2023 | 09:18 WIB
Ilustrasi sembako (SinPo.id/ Ashar)
Ilustrasi sembako (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Pemerintah melalui Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di sektor pangan, Bulog dan PTPN III, diminta untuk terus menjaga stok pasokan pangan dan rantai distribusi, untuk menstabilisasi harga dan mencegah inflasi saat Hari Raya Idul Fitri 2023.

Menurut Anggota Komisi VI DPR RI, Budhy Setiawan, apabila inflasi dapat dikendalikan, maka daya beli masyarakat juga akan terjaga. Hal itu tentu dapat mendorong konsumsi rumah tangga yang selama ini menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi.

"Kalau kita mau bicara inflasi ini, maka peran yang harus dijaga adalah stok dan yang kedua adalah distribusi atau sistem rantai pasok. Ketika berbicara tentang stok, masih sering terjadi bahwa harga dimana permintaan sedang tinggi, tetapi stok kita masih kurang bisa dikendalikan atau tipis stoknya," kata Budhy, Selasa 11 April 2023.

"Kalau itu bisa ditekan melalui menjaga dua tadi (pasokan dan rantai pasok), saya yakin kita akan memberikan kualitas belanja yang lebih baik bagi masyarakat," imbuhnya.

Di samping itu, ia juga meminta agar BUMN sektor pangan, Bulog dan PTPN III dapat melakukan terobosan-terobosan bisnis demi menjaga stok pasokan pangan dan rantai distribusi untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat.

Apabila BUMN sektor pangan mengalami kendala, Budhy mengatakan, Komisi VI DPR RI akan terus memberikan pendampingan dan bantuan hingga tercapainya semua kebutuhan.sinpo

Komentar: