DEMOKRASI DAN KONTROL SOSIAL

MPR Ingatkan Pentingnya Kontrol Sosial pada Elemen Masyarakat

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 10 April 2023 | 16:52 WIB
Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad (SinPo.id)
Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad (SinPo.id)

SinPo.id - Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad menekankan pentingnya kontrol sosial dari elemen masyarakat. Khususnya, kontrol terhadap media massa dan lembaga swadaya masyarakat (LSM).

"Demokrasi akan makin tajam dan bagus apabila kontrol sosialnya makin terbuka," kata Fadel dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin, 10 April 2023.

Menurut dia, sebagai salah satu negara demokrasi terbesar di dunia, Indonesia dituntut untuk menjalankan demokrasi secara benar dan konsisten dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Fadel memandang perlunya kontrol sosial dari elemen masyarakat untuk menjamin demokrasi berjalan dengan baik dan berada di jalurnya.

"Ketika saya menjabat Gubernur Gorontalo, saya sering mendapat kritik dari media massa, bahkan sangat pedas dan tajam. Akan tetapi, saya tetap dekat dengan media, tetap berkomunikasi. Saya tidak marah, tidak juga tersinggung,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, dia menitipkan pesan bahwa saat ini ada wacana besar mewujudkan ketahanan pangan di Gorontalo dan menjadikan Gorontalo sebagai Kawasan Pangan Nasional. LSM dan media massa harus menjaga sesuai dengan perannya sebagai kontrol sosial agar ide besar ini tidak sekadar wacana, tetapi dapat terealisasi.sinpo

Komentar: