Sebanyak Enam Orang Tewas Akibat Ledakan Ranjau Darat ISIS di Suriah

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 10 April 2023 | 08:48 WIB
Ilustrasi ranjau darat. (SinPo.id/Syriahr)
Ilustrasi ranjau darat. (SinPo.id/Syriahr)

SinPo.id - Ledakan ranjau darat yang diduga ditanam oleh para teroris ISIS mengakibatkan enam orang warga sipil Suriah di Gurbenuran Deir El-Zour timur-daerah yang merupakan bekas kubu militan-pada Minggu, 9 April 2023. Mereka yang tewas di antaranya merupakan pemburu jamur truffle.

Dilansir dari VoA, Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (HAM), mengatakan insiden itu menambah jumlah warga sipil yang dilaporkan tewas tahun ini menjadi 137 orang.

Ratusan orang tersebut dilaporkan tewas akibat ledakan ranjau dan benda-benda peledak lainnya yang tersisa dari perang, dan sekitar 30 korban di antaranya merupakan anak-anak.

Pada bulan Februari, ISIS juga menyerang pekerja yang mengumpulkan jamur truffle di dekat pusat kota Sukhna, serta menewaskan sedikitnya 53 orang, sebagian besar adalah pekerja, dan beberapa korban lainnya adalah pasukan keamanan pemerintah Suriah.

Seperti diketahui, jamur truffle adalah makanan musiman yang lezat, dan biasa dijual dengan harga tinggi, karena pemburu jamur truffle bekerja dalam kelompok besar di daerah terpencil.

Namun kelompok militan ISIS telah berulang kali menjadikan para pemburu jamur truffle sebagai mangsa, muncul dari gurun untuk menculik mereka, membunuh sebagian dari mereka, dan menebus yang lain untuk mendapatkan uang.sinpo

Komentar: