Legislator Kompak Puji Erick Thohir Selamatkan Indonesia dari Sanksi Berat FIFA

Laporan: Juven Martua Sitompul
Sabtu, 08 April 2023 | 18:06 WIB
Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Foto/Galuh Ratnatika
Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Foto/Galuh Ratnatika

SinPo.id - Sepak bola Indonesia dipastikan lolos dari sanksi berat federasi sepak bola dunia FIFA pascabatal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Lolosnya Indonesia dari sanksi dinilai berkat kecakapan diplomasi Ketua Umum PSSI Erick Thohir yang berhasil meyakinkan FIFA.

Anggota Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian mengapresiasi gerak cepat Erick yang berhasil menjalankan misi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menyelamatkan sepak bola Indonesia dari sanksi berat FIFA. 

"Apresiasi gerak cepat dan keseriusan PSSI untuk memastikan bahwa sanksi yang diberikan FIFA ada yang teringan dan masih mampu kita tanggung," kata Hetifah kepada wartawan, Jakarta, Sabtu, 8 April 2023.

Hetifah mengatakan keberhasilan Erick menyelamatkan sepak bola Indonesia ini juga tidak lepas dari dukungan dan doa masyarakat pecinta sepak bola Indonesia yang terus mengalir kepada mantan Presiden Inter Milan itu.

Politisi Partai Golkar ini berharap semua pihak menjadikan masalah ini sebagai pembelajaran demi kemajuan sepak bola Indonesia. 

“Semoga kita mawas diri. Lebih hati-hati dan semangat lagi. Sudah lolos dari lubang jarum jangan sampai mengulangi kesalahan yang sama,” kata dia.

Hetifah juga mengakui dukungan para suporter atau pecinta sepak bola Indonesia dalam masalah ini memberikan energi besar bagi sepak bola Indonesia. Hal itu ditunjukkan dengan aksi dukungan moril dalam meyakinkan publik lewat kegiatan-kegiatan positif seperti aksi 1.000 lilin dan do'a bersama belum lama ini. 

"Suporter adalah komponen sangat penting dalam dunia olah raga sepak bola. Keberadaannya diakui dan perlu juga suatu pembinaan dan partisipasi yang lebih bermakna dari suporter dalam berbagai program dan dukungan," kata dia.

Hetifah menjelaskan proposal blue print yang dibawa Erick untuk meyakinkan FIFA soal keseriusan Indonesia mentransformasi sepak bola berhasil memengaruhi keputusan sanksi FIFA.

"Kan kita juga lihat bagaimana upaya Pak Erick Thohir terkait upaya agar tidak di sanksi berat FIFA. Nah lewat proposal blie print itu mengenai transformasi, karena FIFA akan melihat serius gak nih Indonesia," kata dia.

Senada dengan Hetifah, anggota Komisi X Andreas Hugo Pareira mengakui kehebatan Erick dalam melobi FIFA hingga Indonesia lolos dari sanksi berat FIFA. Padahal, Erick sendiri baru saja menjadi ketua umum PSSI dua bulan lalu. 

"Bagaimanapun, salut-salut pada langkah gesit pak Erick Thohir yang mampu meyakinkan FIFA sehingga kita tidak memperoleh sangsi yg lebih berat. Pak Erick Thohir itu baru mengambil alih kepemimpinan PSSI, tapi cepat beradaptasi dan mampu meyakinkan FIFA," kata dia.

"Bersyukur bahwa FIFA hanya menjatuhkan sangsi administrasi. Menurut saya, ini cukup fair dari FIFA, artinya FIFA pun sebenarnya memahami posisi Indonesia," tegas dia.sinpo

Komentar: