ISRAEL SERANG AL-AQSA

BKSAP DPR Kutuk Penyerangan Polisi Israel di Masjid Al-Aqsa

Laporan: Juven Martua Sitompul
Sabtu, 08 April 2023 | 13:21 WIB
Ketua BKSAP DPR RI Fadli Zon (SinPo.id/ Galuh)
Ketua BKSAP DPR RI Fadli Zon (SinPo.id/ Galuh)

SinPo.id - Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR mengutuk keras serangan brutal polisi Israel terhadap jemaah Masjid Al-Aqsa yang tengah melaksanakan salat malam dan iktikaf pada Rabu, 5 April 2023.

Serangan ini dinilai telah menaikkan kembali tensi konflik. Penyerangan bahkan merusak stabilitas regional.

"Aksi ini juga harus dikutuk oleh komunitas internasional. Setidaknya 400 orang Palestina ditangkap dan ditahan polisi Israel di Atarot, Yerusalem Timur," kata Ketua BKSAP DPR RI Fadli Zon dalam keterangan tertulis, Jakarta, Sabtu, 8 April 2023.

Fadli Zon tak heran jika Liga Arab segera mengadakan pertemuan darurat atas tragedi tersebut. Apalagi, serangan itu berdampak serius terhadap kawasan.

"Saya sendiri menyebut aksi brutal tersebut sebagai rutinitas yang disengaja Israel tiap bulan Ramadan," kata dia.

Tak hanya itu, menurut Fadli Zon, aksi yang terus berulang setiap bulan puasa ini juga menunjukkan Dewan Keamanan PBB tidak belajar dari insiden-insiden sebelumnya. PBB seharusnya bisa sigap dan antisipatif.

Jika diperlukan, Dewan Keamanan dapat menurunkan pasukan perdamaian di Al-Aqsa setiap bulan puasa. Politikus Gerindra ini menilai bagi bangsa Palestina, Al-Aqsa adalah salah satu dari sedikit simbol nasional yang masih tersisa.

Sementara itu, bagi umat islam sedunia Masjidilaksa adalah kiblat pertama. Sehingga, setiap upaya merusak kesucian Al-Aqsa pasti akan mendapat respons dari umat islam di seluruh dunia.sinpo

Komentar: