REFORMASI SEPAK BOLA

DPR Sebut Reformasi Sepak Bola Harus Dimulai dari Internal PSSI

Laporan: Juven Martua Sitompul
Sabtu, 08 April 2023 | 12:53 WIB
Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian (SinPo.id/ Parlementaria)
Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian (SinPo.id/ Parlementaria)

SinPo.id - Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian menegaskan reformasi sepak bola harus dimulai dari internal PSSI. Pengurus 'rumah sepak bola' Tanah Air itu harus benar-benar bersih dari kepentingan pibadi.

"Pengurus PSSI juga harus bersih dari berbagai kepentingan pribadi dan profesional memajukan dunia sepak bola," kata Hetifah kepada SinPo.id, Jakarta, Sabtu, 8 April 2023.

Dia mengingatkan jika sepak bola Indonesia saat ini dalam kondisi yang tidak ideal. PSSI di bawah kepemimpinan Erick Thohir bahkan masih dihadapkan pada berbagai masalah yang harus segera diselesaikan.

Dia mencontohkan beberapa persoalan yang menjadi perhatian khusus PSSI. Salah satunya, korban petaka Kanjuruhan yang menanti keadilan dan haknya. Erick juga memiliki tanggung jawab dalam pembinaan suporter.

Tak hanya itu, kata Hetifah, PSSI harus segera memperbaiki manajemen kompetisi. Termasuk, standarisasi infrastruktur sepak bola yang mendesak dilakukan.

"Kemudian, pembinaan prestasi nasional harus terus berjalan, dan lain-lain, merupakan pekerjaan besar yang menanti Pengurus PSSI yang baru," kata dia.

Atas persoalan tersebut, legislator fraksi Partai Golkar ini berharap PSSI yang dikomandoi Erick bisa mengembali citra sepak bola Indonesia setelah dicoret sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 oleh FIFA. Terpenting, mampu meningkatkan prestasi sepak bola nasional ke depan.

"Seluruh masyarakat Indonesia tengah menanti reformasi sepak bola nasional dilaksanakan. Sangat besar harapan terhadap prestasi timnas agar bisa mendunia," tegas Hetifah.sinpo

Komentar: