POLISI RW

Polda Metro Bertekad Tingkatkan Kemampuan Intelijen Polisi RW

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Sabtu, 08 April 2023 | 09:15 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto (SinPo.id/ NTMC Polri)
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto (SinPo.id/ NTMC Polri)

SinPo.id - Polda Metro Jaya akan meningkatkan kemampuan intelijen Polisi Rukun Warga (RW). Hal ini sebagai upaya menjaga keamanan wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Polisi RW merupakan program inovasi Polri untuk meningkatkan pelayanan serta untuk lebih dekat dengan masyarakat.

“Mungkin saya hanya memoles kemampuan keterampilan polisi ini kita tingkatkan, dia harus sebagai seorang intelijen, sebagai seorang negosiator dan sebagai seorang pemecah masalah,” ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto dikutip dari laman NTMC Polri, Sabtu, 8 April 2023.

Karyoto juga mengatakan bahwa program Polisi RW merupakan program Kapolda sebelumnya yang sudah baik, sehingga perlu dipertahankan dan ditingkatkan.

Implementasi dari program Polisi RW ini adalah menempatkan satu polisi untuk satu RW. Namun, personel polisi yang bertugas pada program ini di luar dari anggota Bhabinkamtibmas yang ada di masing-masing kecamatan dan kelurahan.

Polisi RW bertugas melayani aduan masyarakat di tingkat Rukun Warga. Jika masyarakat memiliki keluhan ataupun aduan terkait kejahatan dan tindak kriminalitas dapat langsung melapor kepada Polisi RW yang ada di lingkungannya.

Polisi yang bertugas di RW tersebut menjadi penanggungjawab atas keamanan di wilayahnya. Mereka diwajibkan untuk bertemu secara berkala dengan ketua RW, ketua RT, tokoh agama dan tokoh masyarakat sekitar.sinpo

Komentar: