MUDIK LEBARAN 2023

Legislator PAN Dorong Persiapan Mudik Lebaran Dimaksimalkan

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 06 April 2023 | 20:11 WIB
Dialektika bertajuk 'Menilik Kesiapan Pemerintah Hadapi Mudik Lebaran 2023' (SinPo.id/ Juven)
Dialektika bertajuk 'Menilik Kesiapan Pemerintah Hadapi Mudik Lebaran 2023' (SinPo.id/ Juven)

SinPo.id - Anggota Komisi VI DPR RI Intan Fauzi meminta pemerintah menyiapkan mudik Lebaran 2023 dengan baik. Kesiapan pengawasan mudik lebaran yang tak maksimal diyakini membuat pelaksanaannya amburadul.

"Bagaimana pemerintah saya tekankan bahwa ini memang pemerintah, karena yang punya anggaran dan program adalah pemerintah dalam menjalankan kesiapan arus mudik dan arus balik di Lebaran 2023, jangan sampai trial and error," kata Intan dalam dialektika demokrasi yang digagas Koorinatoriat Wartawan Parlemen (KWP) bekerja sama dengan Biro Pemberitaan DPR RI bertajuk 'Menilik Kesiapan Pemerintah Hadapi Mudik Lebaran 2023' di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis, 6 April 2023.

Intan juga mengingatkan pemerintah agar mengawasi harga tiket kendaraan umum untuk pemudik. Apalagi, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menetapkan larangan penjualan tiket pada hari H lebaran.

"Kemudian, juga tiket online kalau hari H, beli tiket harganya jauh lebih tinggi, hal seperti ini tentunya perlu dikomunikasikan," kata dia.

Intan berharap sosialisasi terkait aturan ini dimaksimalkan pemerintah. Jangan sampai, kata dia, masyarakat tidak mengetahui aturan yang dibuat Kemenhub tersebut sehingga menghambat para pemudik.

"Karena sejauh mana kemudian pemerintah sudah mengomunikasikan hal ini bahwa harus beli tiket online," ucapnya.

Di sisi lain, Intan mendorong pemerintah lebih fokus mengamankan jalan-jalan yang menjadi titik kemacetan arus mudik lebaran. Dia tak ingin kelalaian pemerintah terkait hal ini justru memperpanjang kemacetan lalu lintas.

"Kalau misalnya lantas menerapkan kontraflow kemudian one way jangan lagi terjadi keributan, bahwa ternyata itu malah memperpanjang kemacetan dan sebagainya, saya yakin sudah ada simulasi yang baik dan terkoordinasi antara kementerian dan lembaga, terima kasih," tegas dia.

 

BERITALAINNYA
BERITATERKINI