Tujuh Warga Palestina Terluka Akibat Bentrokan dengan Polisi Israel di Kompleks Masjid Al-Aqsa

Laporan: Sinpo
Kamis, 06 April 2023 | 00:08 WIB
Masjid Al-Aqsa (Pixabay)
Masjid Al-Aqsa (Pixabay)

SinPo.id -  Tujuh warga Palestina menderita luka akibat peluru karet dan pemukulan dalam bentrokan dengan polisi Israel di kompleks Masjid Al-Aqsa. Insiden itu terjadi saat polisi Israel menyerang puluhan jemaah di kompleks Masjid Al-Aqsa, Yerusalem pada Rabu 5 April 2023sebelum fajar waktu setempat.

"Saya sedang duduk di kursi membaca (Al-Qur'an,-red). Mereka melempar granat kejut, salah satunya mengenai dada saya," kata seorang wanita tua kepada Reuters di luar masjid.

Seperti dilansir Al-Arabiya, Rabu 
5 April 2023, Organisasi Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan tujuh warga Palestina menderita luka akibat peluru karet dan pemukulan dalam bentrokan dengan polisi Israel di kompleks Masjid Al-Aqsa. Disebutkan bahwa pasukan Israel mencegah petugas medis mencapai masjid.

Insiden itu memicu aksi protes di wilayah Tepi Barat yang diduduki. Militer Israel mengklaim mereka merespons sembilan roket yang ditembakkan dari Gaza ke Israel setelah sirene meraung di kota-kota Israel selatan.

Ada kekhawatiran ketegangan dapat meningkat bulan ini seiring bulan suci Ramadan bertepatan dengan Paskah Yudaisme dan Paskah Kristen.

Aparat kepolisian Israel beralasan terpaksa masuk ke dalam masjid untuk mengusir orang-orang yang menghasut atau memprovokasi warga yang berada di dalam masjid dan membarikade diri dengan petasan, tongkat, dan batu.

"Ketika polisi masuk, mereka dilempari batu dan petasan dilemparkan dari dalam masjid oleh sekelompok besar penghasut," kata kepolisian Israel dalam sebuah pernyataan, menambahkan bahwa seorang petugas polisi terluka di kaki.sinpo

Komentar: