Mudik idul fitri 1444 hijriah

Mudik Lebaran 2023, BMKG Minta Masyarakat Waspadai Hujan Lebat di Enam Provinsi Ini

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 04 April 2023 | 22:22 WIB
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati. (SinPo.id/Istimewa)
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati. (SinPo.id/Istimewa)

SinPo.id - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati, memaparkan kondisi prakiraan cuaca pada puncak arus mudik jelang lebaran, dalam rapat dengar pendapat (RDP) di Komisi V DPR RI. 

Menurutnya, yang perlu diwaspadai adalah potensi hujan dengan intensitas lebat, melampaui 50 mm sampai 100 mm. Karena tercatat ada enam provinsi yang akan diguyur hujan dengan intensitas lebat. 

"Yang perlu diwaspadai yaitu potensi hujan dengan intensitas lebat melampaui 50 mm-100 mm, terutama untuk wilayah di Aceh, kemudian di situ Palembang, kemudian juga di Jabar, serta di Kaltim, dan Sulawesi Utara, dan juga di Papua," kata Dwikorita, Selasa 4 April 2023. 

Meski demikian, ia juga mengatakan hujan dengan intensitas sedang juga perlu diwadpadai. Pasalnya, dapat menimbulkan gangguan dan bencana hidrometeorologi, yang bisa terjadi di beberapa wilayah. 

"Namun juga perlu diwaspadai yaitu hujan dengan intensitas sedang, yakni 20 sampai 50 mm. Karena kondisi lahan, maka intensitas sedang pun dapat berpotensi menimbulkan gangguan dan bahkan bencana hidrometeorologi, yaitu di beberapa wilayah yang warna kuning, di Jawa Barat, Banten, Jawa Timur, dan Jawa Tengah," paparnya. 

Lebih lanjut, Dwikorita memaparkan prakiraan cuaca pada saat Lebaran 2023, yakni pada 22-28 April 2023, masih dengan intensitas hujan lebat. Sementara pada arus pulang mudik, hujan lebat diprediksi terjadi di Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Pulau Seram, dan Papua.sinpo

Komentar: