PERISTIWA BERSEJARAH SAAT RAMADAN

Peristiwa Bersejarah di Bulan Ramadan, Nuzulul Qur'an hingga Kemerdekaan RI

Laporan: Khaerul Anam
Minggu, 02 April 2023 | 10:35 WIB
Ilustrasi Ramadan (SinPo.id/ Pixabay)
Ilustrasi Ramadan (SinPo.id/ Pixabay)

SinPo.id - Ramadan merupakan bulan yang suci bagi umat Islam di seluruh dunia. Bulan ini menjadi momentum untuk memperkuat iman dan meningkatkan kebaikan dalam kehidupan sehari-hari.

Bukan hanya menjadi bulan penuh keberkahan, Ramadan juga menjadi momentum bersejarah bagi umat Islam seluruh dunia. Mengingat di bulan ini terjadi sejumlah peristiwa penting.

Berikut beberapa peristiwa penting bersejarah yang terjadi di bulan Ramadan, sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber.

1. Nuzulul Qur'an / Turunnya Al-Qur'an

Ramadan menjadi sangat istimewa karena di bulan ini wahyu pertama diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Periode pertama turunnya wahyu itu terjadi pada 17 Ramadan atau dikenal sebagai Nuzulul Quran.

Wahyu berupa Al Quran tersebut diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril di Gua Hira, Makkah. Peristiwa tersebut terjadi 13 tahun sebelum hijrah atau 610 Masehi.

Malaikat Jibril memerintahkan Nabi Muhammad SAW untuk membaca surah Al-Alaq ayat 1-5 sebagai surat pertama dalam Al-Quran. Saat itu juga menjadi momentum ketika Nabi Muhammad diangkat sebagai Rasulullah. 

2. Peristiwa Perang Badar

Pada bulan Ramadan tepatnya hari ke-17 terjadi sebuah peristiwa besar yaitu perang Badar. Hari itu dinamakan Yaumul furqan dimana dua golongan saling berhadapan. Peristiwa ini merupakan pertempuran besar pertama antara umat Islam melawan musuh-musuhnya.

Perang ini terjadi pada Ramadan tahun ke-2 Hijriyah atau 13 Maret 624 Masehi. Pasukan kaum muslim yang hanya berjumlah 313 orang bertempur menghadapi pasukan kafir Quraisy Mekkah yang berjumlah 1.000 orang lebih.

Dalam pertempuran ini, Allah memberikan kemenangan kepada pasukan Muslim yang dipimpin langsung Nabi Muhammad SAW. Pasukan muslim menghancurkan pertahanan pasukan Quraisy. Inilah kemenangan besar umat muslim yang terjadi di Bulan Ramadan.

3. Penaklukan Makkah / Fathu Makkah

Penaklukan Makkah dikenal dengan istilah Fathu Makkah. Salah satu peristiwa penting dalam sejarah Islam karena terjadi pada bulan Ramadan tahun 8 Hijriyah atau tahun 630. Saat itu Nabi Muhammad SAW beserta 10.000 pasukan bergerak dari Madinah menuju Makkah.

Kemudian menguasai Kota Makkah secara keseluruhan tanpa pertumpahan darah sedikitpun. Kaum muslimin juga menghancurkan berhala yang ada di dalam dan sekitar Ka'bah. Setelah itu orang-orang Quraish Makkah memeluk Islam secara berbondong-bondong.

4. Proklamasi Kemerdekaan

Peristiwa penting yang terjadi di Indonesia ketika bulan Ramadan adalah proklamasi kemerdekaan. Sebelum memproklamirkan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945, Soekarno beserta para tokoh lainnya menyusun naskah proklamasi di kediaman Laksamana Maeda, di Rengasdengklok.

Soekarno dan Muhammad Hatta menyantap sahur dengan makanan yang sangat sederhana, berupa roti, telur, dan sarden. Maeda secara khusus meminta asisten rumah tangganya untuk menyiapkan kebutuhan makan sahur para tokoh besar Indonesia itu.

Usai teks proklamasi berhasil diselesaikan, rombongan Soekarno dan Hatta langsung bergerak kembali menuju Jakarta. Keduanya bersiap membacakan teks tersebut sebagai tanda telah merdekanya Indonesia atas berbagai bentuk penjajahan bangsa asing.sinpo

Komentar: