COVID-19

RSDC Wisma Atlet Kemayoran Ditutup Mulai Jumat 31 Maret 2023

Laporan: Sinpo
Sabtu, 01 April 2023 | 03:22 WIB
Pemerintah menghentikan RSDC Wisma Atlet untuk tidak beroperasi lagi sebagai rumah sakit darurat yang dulunya menampung para pasien yang terpapar Covid-19 (Ashar/SinPo.id)
Pemerintah menghentikan RSDC Wisma Atlet untuk tidak beroperasi lagi sebagai rumah sakit darurat yang dulunya menampung para pasien yang terpapar Covid-19 (Ashar/SinPo.id)

SinPo.id - Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes) TNI, dr Guntoro mengatakan Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran ditutup dan tidak lagi melayani perawatan pasien mulai Jumat 31 Maret 2023. 

"Alhamdulillah, hari ini kita telah sampai pada akhir perjuangan merawat pasien COVID-19," ujarnya di Gedung Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat 31 Maret 2023. 

Pengelola RSDC Wisma Atlet Kemayoran akan menghibahkan alat kesehatan yang dimilikinya. Sedangkan alat kesehatan yang meminjam akan dikembalikan ke tempat asal.

"Memang kemungkinan besar akan dihibahkan. Ada beberapa peralatan ICU, termasuk tempat tidur, dan peralatan pendukung lainnya. Nanti kita atur dan data. Sudah kita list dan kita cari informasinya, asal-usulnya dari siapa. Sumbangan dari mana, apakah ini milik pemerintah atau swasta. Itu nanti kita atur agar kita kembalikan kalau memang kita pinjam," imbuhnya.

Lebih lanjut Guntoro menjelaskan, alat-alat kesehatan akan dihibahkan ke rumah sakit yang membutuhkan. Menurut dia, penghibahan alat kesehatan menunggu pendataan hingga status dari alat tersebut jelas.

"Kalau alat-alat medis yang seharusnya memang alat-alat yang bisa ditempatkan di RS kita hibahkan ke rumah sakit. Seperti alat ICU kan ga mungkin telantar begitu saja, itu ga bisa. Alat-alat kesehatan kan kalau tidak dipakai akan rusak," terangnya.

Covid-19 Emergency Hospitalsinpo

Komentar: