Ajak Hidup Sehat, Rayendra Bagikan Tips Menjaga Kulit Selama Ramadan

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 31 Maret 2023 | 21:13 WIB
Dokter Raendi Rayendra memeriksa kesehatan kulit warga. Istimewa.
Dokter Raendi Rayendra memeriksa kesehatan kulit warga. Istimewa.

SinPo.id - Dokter Raendi Rayendra mengajak warga untuk hidup sehat. Dia berbagi tips merawat kesehatan kulit selama ramadan.

Dia mengatakan menjaga asupan menjadi kunci membuat kulit tampak lebih cerah saat lebaran nanti. Namun, kata Rayendra, pada prinsipnya jumlah cairan yang dibutuhkan tubuh saat ramadan sama seperti hari-hari lainnya.

"Kita harus minum air kurang lebih 2 liter per hari. Artinya, kurang lebih 8 gelas per hari. Saat sahur dan berbuka kita harus mencukupi asupan air terlebih dahulu," kata Rayendra kepada wartawan, Jakarta, Jumat, 31 Maret 2023.

Owner Rayendra Dermatology & Aesthetic Center itu mengatakan selain mempertahankan asupan cairan, masyarakat disarankan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran. Kedua makanan ini penting karena memberikan nutrisi yang cukup dan bisa melembabkan kulit.

Namun, ada beberapa tips lain yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit selama ramadan. Rayendra menyarankan warga untuk menghindari mandi menggunakan air terlalu hangat dan sabun mandi antiseptik yang dapat membuat kulit kering. 

"Selain itu, selalu gunakan pelembab atau moisturizer yang tidak wangi dan mengandung ceramide agar kulit tetap terjaga kelembabannya," papar alumni Universitas Padjajaran (Unpad) ini.

Dengan menjaga asupan cairan dan merawat kulit dengan benar selama ramadan, kata dokter spesialis kulit ini, diharapkan kulit bisa tetap terjaga kelembabannya dan tampak lebih glowing serta sehat menjelang idul fitri nanti.sinpo

Komentar: