MUDIK LEBARAN 2023

DPR Ingatkan Pemerintah Antisipasi Kemacetan Jalur Mudik Lebaran 2023

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 31 Maret 2023 | 13:36 WIB
Ilustrasi arus mudik (SinPo.id)
Ilustrasi arus mudik (SinPo.id)

SinPo.id - Anggota Komisi V DPR RI Suryadi Jaya Purnama mewanti-wanti pemerintah dalam hal ini Kementerian PUPR untuk mengantisipasi sejumlah persoalan yang dikhawatirkan muncul pada puncak arus mudik Lebaran 2023.

Dia memprediksi mudik tahun ini menjadi yang terbesar dalam tiga tahun terakhir akibat pandemi Covid-19 yang melanda Tanah Air. Sehingga, gangguan seperti kemacetan harus diantisipasi sejak dini oleh pemerintah.

"Beberapa kesalahan berulang seharusnya tidak boleh terjadi lagi, misalnya ada kemacetan di titik tertentu karena sosialisasi tentang misalnya subsidi angkutan bus. Mudik harus betul-betul difasilitasi oleh pemerintah,” kata Suryadi kepada wartawan, Jakarta, Jumat, 31 Maret 2023.

Ini juga disampaikan Suryadi dalam rapat dengar pendapat (RDP) Komisi V DPR RI dengan Kepala BPJT Kementerian PUPR beberapa waktu lalu. Rapat tersebut dihadiri perwakilan perusahaan operator jalan tol seluruh Indonesia.

Politikus PKS ini juga meminta pemerintah meningkatkan sosialisasi terkait adanya pengalihan arus di jalur mudik. Sosialisasi penting untuk menghindari terjadinya penumpukan kendaraan di titik-titik tertentu.

"Rest area jalan tol jangan sampai tidak memadai kapasitas tempat parkirnya sehingga terjadi penumpukan yang menyebabkan kemacetan," kata Suryadi.

Terakhir, legislator Dapil Nusa Tenggara Barat (NTP) II ini sangat berharap kesalahan yang terjadi pada mudik sebelumnya dapat diantisipasi serta diperbaiki pemerintah. "Standar Pelayanan Minimum (SPM) di jalan-jalan ini harus diperbaiki supaya tidak terjadi kesalahan-kesalahan seperti tahun-tahun sebelumnya," kata dia.sinpo

Komentar: