Artis Berinisial R Diduga Terlibat dalam Kasus Gratifikasi Rafael Alun

Laporan: Zikri Maulana
Jumat, 31 Maret 2023 | 04:06 WIB
Ilustrasi KPK/ SinPo.id/ Khaerul Anam
Ilustrasi KPK/ SinPo.id/ Khaerul Anam

SinPo.id -  Direktur Penyidikan KPK, Asep Guntur mengaku sedang mendalami keterlibatan artis berinisial R yang disebut-sebut terlibat dalam kasus gratifikasi Rafael Alun, mantan pejabat pajak. Nama artis berinisial R muncul usai Sekretaris Indonesia Audit Watch (IAW), Iskandar Sitoru melaporkan ke KPK.

“Terkait artis inisial R, saat ini sedang kami dalami, apakah huruf R itu nama depannya, tengahnya, atau bahkan belakangnya,” ujar Asep, di Gedung KPK, Kamis 30 Maret 2023.

Sebelumnya, Sekretaris Pendiri IAW, Iskandar Sitorus, menyebut telah menyampaikan data terkait dugaan keterlibatan artis berinisial R ke KPK. Namun begitu, belum diketahui pasti identitas artis berinisial R yang diduga terlibat dalam kasus Rafael Alun Trisambodo ini.

Untuk diketahui, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan Rafael Alun Trisambodo sebagai tersangka dalam kasus dugaan gratifikasi.

"Jadi, ada dugaan pidana korupsinya telah kami temukan, terkait dengan dugaan korupsi penerimaan sesuatu oleh pemeriksa pajak pada Ditjen Pajak Kemenkeu tahun 2011-2023," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri di Jakarta pada Kamis, 30 Maret 2023.

Penyidik KPK telah meningkatkan status kasus yang melibatkan Rafael itu ke tahap penyidikan dan menemukan dua alat bukti dugaan korupsi.

"Kami temukan peristiwa pidananya dan dari bukti permulaan yang cukup dan kami juga temukan pihak yang bisa dipertanggungjawabkan secara hukum," katanya.

Ali menjelaskan dugaan gratifikasi yang diterima Rafael Alun itu dalam bentuk uang dan saat ini sedang ditelusuri tim penyidik KPK.

"Bentuknya uang, alokasinya nanti akan didalami dalam proses penyidikan, yang penting dalam korupsi itu kan menerimanya dulu," ujarnya.

KPK juga telah menggeledah rumah Rafael Alun Trisambodo, ayah dari Mario Dandy. Meski demikian, Ali tidak menjelaskan kapan penggeledahan tersebut dilakukan maupun barang bukti yang disita dari penggeledahan tersebut.

"Dalam rangka mengumpulkan alat bukti, satu kegiatan yang sudah dilakukan beberapa waktu yang lalu juga kami telah melakukan penggeledahan di salah satu tempat kediaman dari tersangka dimaksud," kata Ali.

"Nanti perkembangannya setiap perkembangan dari perkara ini dan saya kira ini perkara baru, pasti kami akan sampaikan kepada teman-teman semuanya," lanjutnya. 
sinpo

Komentar: