PIALA DUNIA U-20

Sekjen PDIP: Komplek GBK Jadi Bukti Sikap Penolakan kepada Israel

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 31 Maret 2023 | 01:08 WIB
Gelora Bung Karno. Foto: Istimewa
Gelora Bung Karno. Foto: Istimewa

SinPo.id -  Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengingatkan soal sejarah berdirinya komplek Gelora Bung Karno (GBK). Menurut dia, GBK menjadi bukti sejarah bangsa Indonesia dan perjuangan membela bangsa Palestina.

"Tanpa sikap penolakan terhadap Israel tidak akan pernah lahir kompleks GBK yang mencerminkan semangat kita untuk membangun supremasi di dunia olahraga," kata Hasto dalam konferensi pers di kawasan GBK, Jakarta, Kamis, 30 Maret 2023.

Dia menilai Presiden Pertama RI, Soekarno membangun komplek GBK sebagai bentuk penolakan kepada Israel. Untuk itu, kata dia, sikap penolakan kepada Israel harus dikakukan secara konsisten.

"Bagaimana orang nanti akan berkata buat apa Gelora Bung Karno (GBK) ini, yang hadir karena sikap konsistensi terhadap pembelaan Palestina," timpal dia.

Ini disampaikan Hasto menanggapi keputusan FIFA yang mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Hasto mengatakan kegagalan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 pasti disesalkan semua insan Tanah Air.

Namun, dia menegaskan peristiwa itu harus dijadikan energi kebangkitan. Terutama, dalam menggembleng anak-anak bangsa dari dini untuk menjadi tim sepak bola yang handal, berdisiplin, militan, dan punya suatu kekuatan moral hebat.

"Sehingga, ke depan kita bisa menyaksikan seluruh mimpi kita akibat pengalaman yang sangat pahit ini untuk kemudian berdiri kokoh untuk menghasilkan tim yang handal," ucap Hasto.

Politikus asal Yogyakarta itu memastikan dukungan PDIP terhadap U-20 bukan jangka pendek. Hal itu bisa dilihat bagaimana dalam peringatan ulang tahun emas HUT ke-50 PDIP Ketua Umum Megawati Soekarnoputri yang menginstruksikan memindahkan lokasi perayaan ke Kemayoran.

Keputusan itu, kata Hasto, diambil oleh PDIP karena mendukung penuh proses Timnas U-20 dalam mempersiapkan Piala Dunia U-20.

"Kami mendengar Gelora Bung Karno ini akan digunakan untuk FIFA, maka dengan instruksi Bu Mega kami memindahkan HUT PDI perjungan ke tempat yang lebih kecil di Kemayoran. Karena rasa sayang kami terhadap pelaksanaan dari U-20 FIFA, ini adalah bukti otentik," tegasnya.

Dalam konferensi pers ini, Hasto didampingi Ketua DPP PDIP Nusyirwan Soejono dan Ketua Taruna Merah Putih (TMP) Hendrar Prihadi.sinpo

Komentar: